Ini Dia Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Liburan

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Tips Liburan

Salah satu cara untuk mengusir penatnya aktifitas pekerjaan atau studi sehari-hari adalah melakukan kegiatan refreshing, jalan-jalan disaat libur, namun adakalanya kejadian yang tidak menyenangkan terjadi saat liburan, berharap untuk mengusir ketegangan malah sebaliknya anda mendapat stress tambahan disaat liburan.

Apa dan bagaimana liburan yang baik itu? Apa saja yang mesti dilakukan dan yang harus dihindari saat ber traveling?? Nah berikut kami berikan sedikit tips sebelum liburan atau traveling.

  • Membuat Perencanaan Liburan dengan Baik.
    Tips liburan yang pertama adalah membuat rencana liburan, dalam perencanaan liburan yang harus anda persiapkan adalah menentukan tanggal keberangkatan anda. Buatlah perencanaan yang baik demi memaksimalkan kesenangan Anda dalam berlibur. Contoh, bila Anda tidak suka dengan suasana yang ramai dan gaduh, pilihlah tanggal liburan yang tidak termasuk dalam holiday season. Satu catatan, lakukan fase planning secepat mungkin, dengan melakukan perencanaan yang matang Anda bisa menghemat banyak uang dan juga waktu.

    Terutama bagi Anda yang sudah bekerja dan hanya mempunyai jatah cuti yang pendek. Perhatikan tempat-tempat yang ingin Anda kunjungi lewat internet dan travel guide lainnya agar Anda tidak membuang-buang waktu liburan Anda yang mungkin tidak terlalu lama. Jika Anda sudah mempunyai destinasi kota tujuan tempat Anda berlibur, lakukan research untuk mencari tempat-tempat spesifik yang ingin Anda kunjungi. Perhatikan jarak dan lokasi dari tempat yang ingin Anda lihat dan sesuaikan dengan waktu yang Anda miliki. Anda tentu saja tidak mau waktu liburan Anda terbuang-buang dijalan bukan?

  • Jangan Membawa Banyak Bawaan
    Tips liburan berikutnya adalah jangan terlalu banyak membawa bawaan. Ingat, Anda hanya sedang liburan! Bukan pindah rumah! Bawalah barang secukupnya, sesuaikan jumlah pakaian yang akan anda bawa dengan lama anda berlibur. Tips lainnya adalah jika Anda memilih destinasi dimana tujuan utama Anda adalah untuk berbelanja, pastikan Anda tidak membawa banyak pakaian di dalam koper.

    Hal lain yang perlu Anda perhatikan saat melakukan packing adalah persoalan gadget. Terutama jika Anda memilih destinasi yang lebih banyak kegiatan outdoor seperti Bali atau lombok.  Bawalah gadgetAnda seperlunya, jangan penuhi barang bawaan Anda dengan segala barang yang tidak penting. Selain akan memberatkan barang bawaan, Anda tentu tidak mau liburan Anda dipersulit dengan menjaga barang-barang mahal tersebut bukan?

 

  • Mempersiapkan Biaya Perjalanan / Liburan
    Tips liburan yang ketiga adalah mempersiapkan dana dalam liburan, ini menjadi salah satu faktor terpenting dalam merencanakan liburan. Namun uniknya banyak orang yang justru melupakan aspek yang satu ini. Kebanyakan orang mempersiapkan dana dengan baik untuk biaya transportasi, biaya penginapan dan sebagainya. Tetapi sebenarnya banyak aspek lain yang harus diperkirakan saat merencanakan budgetliburan. Mulai dari dana untuk makan, belanja, dan tentu saja Anda juga harus mempersiapkan dana untuk hal-hal yang tidak terduga.

    Dana makan dan belanja mungkin sesuatu yang sudah pasti Anda siapkan selama ini namun banyak orang yang tidak memperhitungkan dana tidak terduga dalam liburan. Padahal justru mempunyai dana untuk hal-hal yang tidak terduga dalam liburan juga menjadi sesuatu yang sangat penting dan perlu Anda perhitungkan. Pada saat liburan, terkadang Anda harus menghadapi sesuatu yang tak Anda perhitungkan sebelumnya. Dana tambahan perlu dipersiapkan guna mengatisipasi kemungkinan-kemungkinan seperti kekurangan dana akibat membengkaknya biaya akomodasi, transportasi, dan sebagainya. Bayangkan saja jika Anda harus kehabisan uang ditengah liburan Anda.  

  • Jangan Melupakan diri sendiri….
    Tips liburan yang terakhir, “Jangan melupakan diri sendiri”,  waktu liburan adalah waktu bagi Anda untuk refreshing. Waktu dimana Anda bisa melupakan sejenak segala kepenatan dan menjauh dari aktifitas Anda sehari-hari, Yang pertama adalah jangan persulit liburan Anda dengan barang titipan maupun oleh-oleh bagi kerabat Anda. Karena percaya atau tidak, mencari oleh-oleh dan barang titipan sangat memakan waktu liburan Anda. Selain waktu, budget juga harus dipertimbangkan dalam mencari oleh-oleh. Jangan sampai Anda lebih banyak menghabiskan uang untuk oleh-oleh dan barang titipan sehingga Anda tidak mempunyai dana sisa untuk memanjakan diri Anda sendiri.

    Ingat liburan yang telah Anda rencanakan dengan matang adalah demi kesenangan Anda, bukan orang lain. Namun pasti Anda juga pernah merasakan situasi dimana Anda masih harus memikirkan hal-hal lain saat liburan, selain masalah barang titipan maupun oleh-oleh, seringkali Anda juga masih tetap memikirkan pekerjaan Anda saat berlibur.

Ini Dia Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Liburan
Rate this post