Simpedes, Tabungan untuk Masyarakat Pedesaan

Bank Rakyat Indonesia adalah salah satu bank milik pemerintah yang paling besar di Indonesia. Sebagai bank yang memiliki jaringan luas hingga ke seluruh pelosok Indonesia, BRI selalu menghadirkan varian produk yang sesuai dengan kebutuhan berbagai kalangan masyarakat. Salah satunya adalah Simpedes, tabungan atau simpanan masyarakat dalam bentuk mata uang Rupiah. 

Pembukaan rekening BRI Simpedes bisa dilakukan di kantor cabang, kantor cabang pembantu, kantor kas, BRI unit, hingga Teras BRI. Tabungan Simpedes bukan produk baru dari BRI. Meski demikian, di tahun 2021 masih banyak yang belum mengetahui produk ini. Mari simak ulasan singkatnya berikut ini di amex black card

Simpedes dan Britama, Apa Bedanya?

Simpedes adalah singkatan dari Simpanan Pedesaan, tabungan ini memang ditujukan untuk masyarakat yang tinggal di pedesaan dan belum tersentuh dengan layanan bank. Karena itu, tabungan BRI Simpedes tidak akan ditawarkan kepada calon nasabah BRI yang bertempat tinggal di perkotaan. Sebagian orang mungkin lebih sering mendengar mengenai produk tabungan BRI lainnya yaitu Britama. Perbedaan Simpedes dan Britama terletak pada jangkauan wilayahnya. 

Jika Simpedes ditujukan bagi masyarakat pedesaan, maka Britama adalah produk tabungan yang ditujukan bagi masyarakat perkotaan. Perbedaan Britama dan Simpedes berikutnya adalah jumlah setoran awalnya. Untuk membuka  rekening Simpedes BRI calon nasabah hanya perlu melakukan setoran awal sebesar Rp 100 ribu. Sementara untuk membuka rekening Britama, tersedia 2 pilihan setoran awal yaitu Rp 250 ribu dan Rp 500 ribu. 

Jika ingin melakukan setoran awal lebih dari jumlah yang telah disebutkan, tetap diperbolehkan oleh pihak BRI. Perbedaan yang ketiga antara Simpedes dan Britama adalah kartu ATM yang diberikan kepada nasabah. Kartu ATM BRI Simpedes hanya ada 1, sementara untuk tabungan Britama nasabah bisa memilih antara 2 pilihan kartu ATM atau kartu debit. Untuk nasabah yang melakukan setoran awal sebesar Rp 250 ribu, maka akan dapat kartu ATM classic. 

Sementara untuk nasabah yang melakukan setoran awal sebesar Rp 500 ribu, maka akan mendapat kartu ATM gold. Baik kartu ATM BRI Simpedes maupun Britama Classic dan Gold bisa dengan mudah digunakan di ATM BRI yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Kartu ATM BRI Simpedes tidak dilengkapi dengan logo VISA, MasterCard, maupun Cyrus. Sehingga tidak bisa digunakan untuk transaksi debit online apalagi digunakan di luar negeri.  

Keunggulan Tabungan Simpedes BRI

Mengapa harus pilih tabungan Simpedes? BRI menawarkan beberapa keuntungan tabungan BRI Simpedes. Di antaranya adalah kemudahan dalam membuka rekening Simpedes, yaitu bisa dilakukan di kantor cabang, kantor cabang pembantu, kantor kas, BRI unit, hingga Teras BRI. Selain itu, calon nasabah juga bisa membuka rekening tabungan Simpedes secara online. 

Cara buka rekening BRI Simpedes online adalah dengan mengakses eform.bri.co.id/home/detail/simpedes. Setelah membuka link tersebut, tinggak klik Registrasi, lalu ikuti setiap langkah yang muncul di layar. Keunggulan Simpedes yang kedua adalah nasabah bisa menyetor tanpa batas, selama masih sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Tabungan Simpedes juga dilengkapi dengan BRI Card yang dapat digunakan sebagai kartu ATM dan kartu debit di seluruh Indonesia. 

Jaringan BRI yang sangat luas di Indonesia membuat kartu ATM BRI bisa digunakan dengan sangat mudah untuk berbagai transaksi di dalam negeri. Selain itu, BRI selalu mengadakan program undian setiap tahunnya. Sehingga pemilik rekening tabungan Simpedes punya peluang untuk memenangkan berbagai hadiah dengan total miliaran Rupiah. Nasabah juga bisa melakukan cek saldo BRI Simpedes online melalui layanan SMS banking, sehingga nasabah tidak perlu repot ke bank hanya untuk cek saldo. 

Syarat Membuka Tabungan Simpedes

Untuk membuka rekening tabungan Simpedes ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Di antaranya adalah pemohon berstatus sebagai WNI maupun WNA yang memiliki identitas diri resmi dan telah berusia minimal 17 tahun. Dokumen yang harus dilengkapi adalah KTP atau paspor/KIMS/KITAP/KITAS dan NPWP. Bagi calon nasabah yang tidak memiliki NPWP bisa mengisi form pernyataan yang ada di Unit Kerja BRI, pada saat mengajukan pembukaan Simpedes