Info Tentang Pinjaman KUR Mandiri, Fitur Manfaat dan Persyaratannya

Pinjaman KUR Mandiri bersama sejuta manfaatnya hadir sebagai pilihan yang pas untuk modal usaha. Senada dengan nama yang diusutnya, jenis kredit satu ini menyalurkan pinjaman guna membantu para pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha yang digelutinya. 

Tidak lagi perlu takut akan modal, UMKM di Indonesia diharapkan mampu mengepakkan sayap lebih lebar melalui KUR Mandiri. Selain prosesnya cepat, syaratnya pun mudah, sehingga mampu menjadi sarana pendukung perekonomian dalam ranah makro. 

Jenis Pinjaman KUR Mandiri

Pinjaman KUR Bank Mandiri dilengkapi dengan banyak fitur manfaat. Apabila ditinjau dari jenisnya itu sendiri, terdapat 4 jenis KUR Bank Mandiri. Antara lain, KUR Mikro, KUR Ritel, KUR Penempatan TKI, serta KUR Khusus. Pada dasarnya, masing-masing dari setiap jenisnya menawarkan fitur manfaat menarik yang berbeda satu sama lain dengan pinjaman online bank mandiri

Pada pinjaman dana KUR Mandiri Mikro, plafon pinjaman yang tersedia maksimal Rp25 juta dengan tenor paling lama 2 tahun. Sementara itu, pinjam dana KUR Mandiri Ritel limitnya mulai dari di atas Rp25 juta sampai Rp200 juta. Jangka waktunya 3 tahun pada kredit modal usaha serta 5 tahun untuk kredit investasi. 

Kemudian, KUR Bank Mandiri Penempatan TKI limit maksimalnya sama dengan KUR Mikro. Yakni, sebesar Rp25 juta maksimal untuk setiap debitur. Mengenai jangka waktu pada KUR Penempatan TKI, diselaraskan sebagaimana kontrak kerja yang berlaku. Batas maksimalnya adalah 12 bulan. 

Pinjaman dana KUR Mandiri jenis yang terakhir, yaitu KUR Khusus. Ya, sesuai dengan nama yang melingkupinya, penyaluran KUR ini dilaksanakan secara khusus. Limit yang tersedia, dari Rp25 juta sampai Rp500 juta. 

Khusus yang dimaksudkan di sini, pemberian pinjaman akan disalurkan secara khusus kepada kelompok yang dikelola bersama-sama berbentuk cluster. Juga harus menggunakan mitra usaha untuk komoditi perkebunan, peternakan, dan perikanan rakyat. 

Dari jenis KUR Mandiri yang telah disebutkan, mana yang paling tepat untuk Anda? Agar bisa mengetahui lebih lanjut perihal simulasi, alangkah baiknya untuk melihat tabel pinjaman KUR Mandiri. Ya, di dalam tabel terdapat informasi terkait simulasi pinjaman. Termasuk di dalamnya perihal besarnya plafon, lamanya tenor, hingga persentase bunga serta angsuran per bulan. 

Fitur Manfaat Pinjaman KUR Mandiri

Pinjaman KUR Mandiri bukan hanya terdiri dari banyak jenis. Namun, juga lengkap dengan aneka manfaat atau benefitnya yang menarik. Antara lain, prosesnya mudah sekaligus cepat. Persyaratannya pun tergolong mudah untuk dipenuhi. Agunan dalam hal kredit jenis ini berupa objek usaha yang dibiayai. Sehingga, calon debitur tidak perlu lagi menyiapkan jaminan tambahan, seperti sertifikat tanah.  Mengenai suku bunganya, pun tergolong kompetitif. Besar persentase suku bunga efektif per tahun adalah 6%. 

Pada KUR Mikro serta KUR Penempatan TKI, agunan tambahan sama sekali tidak diharuskan. Sedangkan dalam KUR Ritel, eksistensi jaminan tambahan dibutuhkan. Dapat berupa bukti kepemilikan meliputi SHM, SHGB, SHGU, maupun Hak Milik Atas Satuan Rumah Susun. Besarnya nilai agunan minimal adalah 70% dari limit kredit. 

Selain itu, yang juga menarik di sini adalh perihal jangka waktu atau tenor pengembalian pinjaman. Pada bagian sebelumnya telah disebutkan masing-masing jangka waktu kredit setiap jenis KUR. Merujuk pada hal tersebut, terlihat bahwa tenor pengembaliannya tergolong besar. Kondisi demikian sekaligus menjadi benefit untuk para debiturnya agar cicilan per bulan semakin kecil. 

Syarat Pengajuan Pinjaman KUR Mandiri 2021

Pinjaman KUR Mandiri, supaya pengajuan yang Anda lakukan diterima maka harus memenuhi semua syarat serta kriteria yang telah ditetapkan. Syarat yang dimaksudkan, antara lain calon debitur sedang tidak menerima kredit lain. Kemudian, seandainya calon peminjam itu sedang menerima kredit, tetapi sudah lunas, maka dibutuhkan surat keterangan lunas dengan lampiran berupa cetakan rekening bank sebelumnya. 

Reputasi kredit atau track record kredit dari calon debitur pun penting ketika Anda ingin pinjam KUR Mandiri. Pasalnya, calon peminjam harus tidak masuk dalam daftar hitam nasional penarik cek dan/atau bilyet giro kosong. Syarat pinjaman KUR Mandiri juga mencakup usia minimal calon debitur. Yakni, minimal 21 tahun maupun sudah menikah.