Keindahan Pulau Bali sebagai salah satu destinasi wisata yang mendunia tidak bisa dilepaskan dari keindahan pantainya, salah satunya pantai Jimbaran. Bali di anugrahi dengan berbagai tempat wisata pantai yang menawarkan pemandangan indah, mulai dari pantai pasir putih ataupun pantai pasir hitam. Dari banyaknya alternatif wisata pantai di Bali, Jimbaran merupakan salah satu pantai yang tidak boleh dilewatkan.

Sunset Pantai Jimbaran
Image : https://www.instagram.com/nancyaryasubawa/

Wisata Jimbaran berlokasi di Kecamatan Kuta Selatan yang menghubungkan Bali bagian tengah dengan bukit di bagian selatan Bali. Lokasi desa Jimbaran sangat dekat dengan Bandara International Ngurah Rai sehingga mudah dijangkau. Jarak tempuh pantai muaya, jarak pantaidari bandara hanyalah 7 kilometer, atau sekitar 15 menit perjalanan saja. Garis pantai yang membentang sepanjang 2 kilomoter membuat pantai ini memiliki banyak akses masuk.

Jalan bukit permai merupakan akses yang paling di sukai wisatawan. Selain itu, wisatawan juga bisa masuk melalui jalan Yoga Perkanthi, Jalan Pantai Sari, atau Jalan Batas Kauh. Huntuk masuk ke area pantai, wisatawan tidak perlu merogoh kocek karena harga tiket masuk area pantai gratis. Wisatawan hanya perlu membayar parkir kendaraan saja, yaitu sebesar Rp 5.000 untuk sebuah mobil, atau Rp 2.000 bagi yang menggunakan motor. Oh iya, berkunjung ke lokasi sangat tepat apabila ada agen tour ke Tanjung Benoa water sports.

Sejarah Pantai Jimbaran

Objek wisata pantai yang berada di daerah Jimbaran inimerupakan tempat wisata yang paling terkenal di kawasan Jimbaran Bali dari berbagai aktivitas dan tempat wisata yang ada disana. Tragedi Bom Bali II pada yang sangat kelam 1 Oktober 2005 lalu di café Menega dan café Nyoman yang menyediakan makanan khas laut, ternyata memiliki sisi positif dimana membuat popularitas pantai ini meroket hingga ke level internasional.

Awalnya sebelum menjadi kota yang terkenal dengan wisata pantainya, dasa Jimbaran terkenal sebagai desa nelayan dimana mayoritas warga desa memiliki mata pencaharian sebagai pencari ikan di laut / nelayan. Namun karena kondisi pantai yang bersih, berpasir putih, serta pemandangan sunset yang indah banyak pengembang yang melakukan pembangunan hotel, villa, serta restoran bintang 5 di daerah Jimbaran.

Pembangunan dimulai tahun 1988. Hingga pada 1992, berdiri hotel “Four Seasons Jimbaran” yang sangat terkenal di tingkat internasional. Lokasi pantaiyang strategis membuat pengelola hotel yang terkenal hanya akan mendirikan hotel dan villa yang lokasinya strategis memillih Jimbaran sebagai salah satu investasi mereka. Perkembangan pembangunan yang pesat membuat perekonomian Jimbaran berubah dari nelayan menjadi pariwisata.

Keindahan dan Suasana Pantai yang Bisa Di Nikmati

Salah satu keindahan yang bisa dinikmati di Pantai Jimbaran adalah pemandangan sunset yang memukau. Tidak heran, pantai ini penuh sesak ketika matahari mula terbenam. Anda juga bisa merasakan indahnya suasana pantai sambil menikmati hidangan seafood. Banyak café menawarkan berbagai jenis makanan laut seperti udang, kepiting, kerang atapun cumi-cumi yang disajikan dengan cara dibakar sehingga memiliki cita rasa yang lezat.

Harga yang ditawarkan di café sepanjang pantai disesuaikan dengan berat per grams/ons. Karenanya, wisatawan bisa menyesuaikan pesanan dengan budget yang dimiliki. Menikmati lezatnya olahan laut bakar di café sepanjang pantai sambil memandangi keindahan pantai, terutama moment matahari yang mulai redup dan tenggelam akan memberikan pengalaman liburan tak terlupakan bagi siapapun yang datang. Banyak wisatawan yang terhipnotis dan jatuh cinta sehingga berulang kali mengunjungi pantai Jimbaran.