Modalku, Pinjaman Dana Online untuk UMKM

Salah satu jenis perusahaan teknologi finansial (fintech) di Indonesia adalah peer to peer lending atau P2P. Di platform semacam ini, pencari dana akan dipertemukan dengan pemberi dana melalui sebuah platform. Khusus untuk para pemilik Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Indonesia, ada beberapa perusahaan fintech yang fokus bergerak di pendanaan UMKM. 

Salah satunya adalah Modalku. Aplikasi Modalku adalah produk yang dimiliki oleh PT Mitrausaha Indonesia Grup. Selain sebagai perantara antara pencari dana dan pemberi dana, Modalku juga mengelola data dan melakukan verifikasi, apakah pencari dana termasuk yang layak diberikan kredit atau tidak. 

Dengan begitu, akan terbangun ekosistem pendanaan yang sehat dan aman baik bagi pencari maupun pemberi dana. Dengan banyaknya fintech yang muncul di Indonesia, timbul pertanyaan apakah Modalku penipu? Modalku adalah salah satu aplikasi pinjaman online OJK. Sejak tanggal 30 September 2019, bahkan Modalku tidak hanya berstatus sebagai terdaftar resmi, tetapi mendapat izin dari OJK sebagai Perusahaan Penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi di dana dompet digital

Ini ditandai dengan Surat Tanda Berizin KEP-81/D.05/2019. Semua aktivitas Modalku diawasi oleh OJK, sehingga tidak akan ada proses yang melanggar Peraturan OJK Nomor 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi. 

Jenis Pinjaman di Modalku

Hingga tahun 2021, ada 2 jenis pinjaman dari Modalku yang bisa dipilih para pemilik UMKM. Yang pertama adalah Modalku Virtual Credit, yang merupakan pinjaman jangka pendek atau fitur pay later bagi pemilik UMKM. Karena merupakan apk pinjaman online tanpa agunan, maka Modalku Virtual Credit pun tidak membutuhkan jaminan. Dengan dana dari pinjaman ini, pemilik UMKM bisa menyetok barang dan membayarnya belakangan. 

Dengan demikian, arus kas perusahaan dan usaha bisa tetap berjalan lancar tanpa kuatir kekurangan modal. Pengajuan limit kreditnya mulai dari Rp 5 juta hingga maksimal Rp 500 juta, dengan pilihan tenor mulai dari 15 hingga 30 hari. Dengan menggunakan produk ini, pengguna tidak akan dikenakan biaya admin dan biaya provisi. Selain itu, Modalku juga dikenal sebagai aplikasi pinjaman online bunga rendah, yang terbukti dari bunga mulai 1% per transaksi Modalku Virtual Credit. 

Jenis pinjaman yang kedua adalah Modal Kawan Mikro, yang merupakan pinjaman usaha bagi UMKM. Ini adalah pinjaman dengan masa cicilan yang panjang. Dana yang cair bisa digunakan untuk membeli stok, memiliki variasi produk yang lebih beragam, mengembangkan usaha, dan lain sebagainya agar arus kas tetap berputar dengan lancar. Plafon pinjaman yang ditawarkan mulai dari Rp 3 juta hingga maksimal Rp 250 juta. Pilihan tenornya fleksibel, mulai dari 3 bulan hingga 12 bulan. Dengan tenor Modalku pinjaman online yang panjang di produk kedua ini, pemilik UMKM bisa lebih leluasa mengatur keuangan. 

Syarat Mengajukan Pinjaman di Modalku

Ada beberapa syarat pinjaman online Modalku yang harus dipenuhi. Syarat pertama adalah pemohon harus memiliki bisnis offline maupun online yang ada di marketplace maupun aplikasi transportasi online dan telah berjalan selama minimal 6 bulan. Khusus untuk pelaku bisnis offline harus menggunakan sistem kasir dogital seperti Spot, Moka, Majoo, Gobiz, dan lain sebagainya. 

Sementara untuk pebisnis online harus menyertakan rekap penjualan selama 3 bulan terakhir. Syarat selanjutnya adalah bisnis memiliki pendapatan per bulan mulai dari Rp 6 juta. Lokasi bisnis dan tempat tinggal pemohon ada di Pulau Jawa, Bali, serta kota Batam, Makassar, Medan, dan Palembang. 

Menjadi Pemberi Dana di Modalku

Selain bisa digunakan bagi pencari dana, pengguna aplikasi Modalku juga bisa menjadi pemberi dana. Aplikasi ini bisa dijadikan sebagai cara untuk berinvestasi dan membantu para pegiat UMKM untuk berkembang. Dengan begitu, pemberi dana juga berperan serta dalam memajukan perekonomian Indonesia. 

Modalku berlokasi di Unifam Tower, Jl. Panjang Blok X No. 1, kedoya Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Bagi pencari dana, bisa menghubungi modalku di nomor 08777 873 6144. Sementara bagi yang ingin menjadi pemberi dana bisa menghubungi nomor 0878 6500 8311.