Manfaatkan KUR Super Mikro BRI di Tengah Masa Sulit

Pandemi COVID-19 yang dialami warga dunia sejak awal tahun 2020 meninggalkan dampak ekonomi bagi banyak orang, termasuk warga Indonesia. Kesulitan ekonomi membuat banyak usaha harus gulung tikar atau setidaknya mengencangkan ikat pinggang dengan cara mengurangi jumlah karyawan. Akibatnya banyak yang karyawan yang harus dirumahkan. Untuk mengatasi hal ini, pemerintah mengadakan program KUR Super Mikro BRI. Program ini ditugaskan kepada Komite Kebijakan Pembiayaan Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. 

KUR Super Mikro adalah pinjaman yang ditujukan khusus untuk para pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan ibu rumah tangga yang memiliki usaha produktif dengan skala mikro. Pemerintah berharap dengan adanya KUR Super Mikro, masyarakat yang mengalami kesulitan keuangan bisa meningkatkan aktivitas ekonomi mereka. Program ini dibuat guna mengakselerasi pemulihan perekonomian nasional. Bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai bank milik pemerintah yang terbesar, program ini pertama kali dijalankan pada pertengahan Agustus 2020.

Melihat KUR Super Mikro BRI Lebih Dekat

Salah satu kelebihan program Super Mikro BRI adalah bunganya yang cukup rendah jika dibandingkan dengan suku bunga komersial. Pemerintah memutuskan memberikan subsidi bunga sebesar 6% sampai dengan 31 Desember 2020. Jadi pemohon KUR Super Mikro BRI sebelum tanggal tersebut akan mendapatkan bunga sebesar 0%. Setelah tanggal 31 Desember 2020, pemerintah masih akan memberi subsidi bunga sebesar 6% hingga batas kredit tertentu yaitu Rp 10 juta di Pinjaman bank jateng

Ketika sudah melebihi batas subsidi, maka pemohon KUR Super Mikro BRI akan dikenakan bunga sebesar 6% efektif tiap tahunnya. Pemerintah memberikan tambahan subsidi bunga dengan harapan semakin mempermudah bagi pihak yang membutuhkan. Untuk jangka waktu pembayaran cicilan BRI Super Mikro ada 2 pilihan. Yang pertama adalah paling lama 3 tahun untuk pembiayaan modal kerja atau untuk bisnis baru. Dan yang kedua adalah 5 tahun untuk pembiayaan investasi atau untuk bisnis yang sudah berjalan cukup lama. Apakah perlu agunan dalam mengajukan Kredit Super Mikro BRI? Agunan untuk mengajukan pinjaman ini adalah usaha atau proyek yang dibiayai oleh KUR Super Mikro tersebut, selebihnya tidak diperlukan lagi agunan ekstra. 

Syarat untuk Mendapatkan KUR Super Mikro BRI

Agar bisa mendapatkan KUR Super Mikro dari BRI, tentu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pemohon. Ketentuan penerima program BRI Super Mikro di antaranya adalah usaha yang digeluti masuk dalam kategori usaha mikro (bisa berupa UKM yang telah berdiri selama beberapa waktu atau UKM yang baru didirikan oleh pekerja yang terkena PHK, dan juga UKM milik ibu rumah tangga yang skalanya mikro). 

Usaha mikro yang dimiliki setidaknya sudah berjalan minimal selama 6 bulan. Tetapi ada pengecualian untuk usaha mikro yang usianya di bawah 6 bulan, dengan syarat usaha tersebut tergabung dalam suatu kelompok usaha atau memiliki anggota keluarga yang telah memiliki usaha lain sebelumnya, dan pemiliknya mengikuti program pendampingan baik yang formal maupun informal. 

Persyaratan di atas khusus ditujukan bagi usaha mikro yang dimiliki oleh karyawan yang terkena PHK, Usaha tidak diharuskan berusia 3 bulan dengan minimal pelatihan 3 bulan seperti yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Permenko) Nomor 8 Tahun 2019 tentang Pedoman KUR. Syarat yang terakhir adalah belum pernah menerima KUR sebelumnya. Sudah memenuhi semua persyaratan pengajuan BRI KUR Super Mikro di atas? Saatnya cari tahu cara mengajukannya.

Mengajukan KUR Super Mikro BRI

Cara pengajuan KUR Super Mikro BRI bisa dilakukan secara online. Sebelum mengajukan, persiapkan terlebih dahulu beberapa dokumen yang diperlukan di tahun 2021 ini. Dokumen yang harus siap adalah data pribadi berupa KTP dan Kartu Keluarga. Sementara data usaha adalah surat izin usaha yang didapat dari RT atau kelurahan atau bisa juga menggunakan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK). Dengan pendaftaran KUR Super Mikro BRI yang bisa dilakukan secara online akan semakin mempermudah akses bagi seluruh rakyat yang  tersebar di berbagai wilayah Indonesia.