Butuh Dana? Berikut Cara Pengajuan KUR Mandiri Terbaru 2021

KUR Mandiri merupakan produk dari Bank Mandiri berupa Kredit Usaha Rakyat yang memberikan pinjaman dana untuk membangun UMKM. 

Saat membutuhkan pinjaman dana, Anda perlu mengajukan pinjaman pada pemberi pinjaman yang legal. Bank Mandiri bisa menjadi pilihan tempat pemberi pinjaman terbaik untuk Anda. KUR Mandiri terbaru yang tersedia bisa diajukan untuk memenuhi kebutuhan modal usaha.

Jenis KUR Mandiri

Program Kredit Usaha Rakyat Bank Mandiri terdiri dari 4 jenis yang dibedakan berdasarkan fungsi dan tujuan pembiayaannya. Tidak hanya itu, 4 jenis pinjaman ini juga memiliki limit kredit dan tenor yang berbeda. Produk KUR ini terdiri dari KUR Mikro, KUR Ritel, KUR TKI, dan KUR Khusus dengan kredit usaha rakyat bank mandiri.

Bank Mandiri memberikan pinjaman dana bagi para tenaga kerja Indonesia yang berada di negara asing melalui KUR TKI. Produk pinjaman ini memungkinkan para calon debitur mendapatkan pinjaman hingga Rp25 juta dengan bunga 7% per tahun. Produk KUR Mandiri tanpa jaminan ini bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan saat baru saja tiba di negara tujuan.

Selain itu, terdapat produk KUR Mikro untuk usaha kelompok maupun individu yang telah beroperasi minimal 6 bulan. Produk pinjaman ini memiliki tenor maksimal 2 tahun dengan limit pinjaman sebesar Rp25 juta.

Jika membutuhkan dana pinjaman lebih dari Rp25 juta, silahkan ajukan pinjaman KUR Ritel. KUR Ritel memiliki limit pinjaman hingga Rp200 juta, sehingga sangat memungkinkan Anda untuk mendapatkan pinjaman lebih dari Rp25 juta. Jangka waktu pelunasan pinjaman mulai dari 3 hingga 5 tahun, tergantung peruntukannya. Sedangkan untuk kredit investasi, tenornya mencapai 5 tahun.

Dari keempat jenis produk KUR Mandiri, Anda juga bisa mengajukan KUR Mandiri 500 juta, yakni KUR Khusus. Pinjaman ini diperuntukan untuk pembiayaan usaha peternakan, perkebunan, perikanan dan jenis usaha khusus lainnya.

Syarat Pengajuan Pinjaman KUR Mandiri

Sebelumnya, calon debitur perlu memenuhi beberapa persyaratan umum dan administrasi untuk bisa mengajukan KUR Mandiri. Pada umumnya, persyaratan-persyaratan ini tidak jauh berbeda dengan persyaratan untuk pinjaman lainnya.

Untuk persyaratan umumnya, anda harus berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah, dan tidak memiliki kredit lain. Pemohon tidak termasuk dalam daftar hitam nasional penarik cek kosong dan telah memiliki usaha produktif yang berjalan 6 bulan. Persyaratan berikutnya adalah tidak sedang memiliki kredit lain pada waktu yang bersamaan.

Sedangkan untuk document requirement, anda perlu menyiapkan fotokopi KTP suami & istri dan KK, NPWP, dan SIUP. Selain itu, terdapat persyaratan lain berupa fotokopi surat nikah atau cerai, pas foto suami istri berukuran 4×6. Pengajuan KUR Mandiri online ini juga memerlukan jaminan berupa aset berharga seperti BPKB dan bangunan.

Rincian Dana KUR Mandiri

Setelah mengetahui jenis dan requirement KUR Mandiri, tabel angsuran juga termasuk sebagai hal penting yang perlu diketahui sebelum mengajukan pinjaman. Berdasarkan tabel KUR Mandiri, total pinjaman yang bisa diambil senilai Rp10 juta hingga Rp500 juta. Bank mandiri memberikan pinjaman dengan bunga flat per tahun yang cukup ringan, yakni sebesar 6% atau 0,2% per bulan.

Cara Mengajukan KUR Mandiri

Setelah memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditentukan, selanjutnya anda bisa mengikuti rangkaian prosedur pengajuan KUR Mandiri online. Proses pengajuan bisa dilakukan secara online melalui laman website Bank Mandiri. 

Namun selain menerapkan cara daftar KUR Mandiri online, Anda bisa menerapkan cara offline dengan langsung mengunjungi kantor cabang Mandiri. Berikut adalah cara mengajukan KUR Mandiri secara offline. 

  • Siapkan Dokumen Sesuai Persyaratan

Sebelumnya, siapkan semua dokumen yang diperlukan selama proses pengajuan, sesuai dengan persyaratan administrasi.

  • Datang ke Kantor Cabang Bank Mandiri

Bila seluruh dokumen telah siap dan sesuai dengan persyaratan yang tersedia, silahkan mengunjungi kantor cabang bank Mandiri terdekat.

  • Isi Apply Form

Sesampainya di kantor, Anda akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan pinjaman sesuai dengan data yang tertera pada dokumen.

  • Serahkan Formulir pada Petugas

Serahkan formulir pada customer service setelah selesai diisi.

  • Tunggu Survey dari Pihak Bank

Setelah seluruh prosedur pendaftaran, Anda hanya perlu menunggu survey serta informasi lebih lanjut dari pihak bank.

Mencari pinjaman dana untuk modal usaha sudah bukan lagi hal yang sulit di zaman ini. anda bisa mengajukan berbagai pinjaman KUR, seperti KUR Mandiri syariah dan jenis KUR lainnya yang telah disampaikan sebelumnya. Dapatkan solusi dari masalah keuangan dengan produk KUR Mandiri.