KUR BRI Online, Solusi Terbaik untuk Pembiayaan Usaha

KUR BRI online merupakan program pinjaman dari pemerintah yang dijalankan oleh Bank BRI dengan tujuan pembiayaan UMKM. Kredit yang diberikan oleh Bank BRI ini memiliki limit mencapai Rp500 juta dan ditujukan bagi usaha mikro yang produktif. 

KUR BRI telah disubsidi pemerintah dan dijamin oleh asuransi kerugian kredit oleh BUMN. Sebelum menjadi debitur, Anda perlu mengetahui berbagai informasi seputar produk pinjaman modal kerja dan investasi usaha ini dengan donatur pinjaman pribadi.

Jenis KUR BRI Online

Pinjaman dari BRI untuk modal usaha ini dikategorikan menjadi 3 jenis yaitu KUR Mikro, KUR Ritel, dan KUR TKI. Ketiga jenis pinjaman ini memiliki ketentuan dan besaran pinjaman yang berbeda-beda.

Jenis pinjaman KUR BRI online yang pertama adalah KUR Mikro. Produk pinjaman ini merupakan modal kerja dan investasi dengan besaran pinjaman mencapai Rp25 juta dengan bunga 0,41% per bulan. Jenis modal kerja mikro memiliki tenor maksimal tiga tahun, dan investasi mikro memiliki tenor lima tahun.

Jika membutuhkan dana pinjaman hingga Rp100 juta atau lebih, Anda bisa mengajukan pinjaman KUR ritel BRI. Pinjaman ini memiliki plafon minimal Rp25 juta hingga maksimal Rp500 juta dan suku bunga 7% per tahun. Kredit modal kerja ritel memiliki tenor maksimal empat tahun, sedangkan investasi ritel memiliki tenor maksimal lima tahun.

Produk KUR BRI berikutnya adalah KUR TKI. Pinjaman ini diperuntukan bagi para TKI dengan jumlah pinjaman maksimal Rp25 juta dan bunga 0,41% per bulan. Jangka waktu pelunasan KUR TKI adalah tiga tahun atau disesuaikan dengan kontrak perjanjian yang telah dibuat.

Secara umum, KUR BRI memiliki jangka waktu angsuran mulai dari 12 hingga 36 bulan. Selain itu, Anda juga bisa mengajukan KUR super mikro BRI maupun KUR BRI syariah online untuk memenuhi kebutuhan usaha.

Cara Daftar KUR BRI Online

Setelah mengetahui jenis pinjaman modal usaha yang tersedia, Anda bisa melakukan pengajuan pinjaman KUR BRI online maupun offline. Cara online bisa dilakukan melalui halaman website BRI, sedangkan cara offline dilakukan dengan mengunjungi kantor cabang BRI terdekat.

Berikut cara daftar KUR BRI online 2021 yang bisa dipraktekan saat ingin mengajukan pinjaman modal usaha di Bank BRI.

  • Kunjungi kur.bri.co.id

Pertama, silahkan akses laman web resmi Bank BRI untuk KUR dengan mengetik link kur.bri.co.id pada kolom search Google.

  • Pilih “Ajukan Pinjaman”

Setelah diakses, tampilan menu dari laman BRI untuk produk KUR akan muncul, lalu klik “Ajukan Pinjaman”

  • Login ke Akun Pribadi

Pada tahap ini, Anda akan diarahkan untuk login ke akun pribadi, dengan memasukan alamat email dan password. Bila belum memiliki akun, Anda bisa terlebih dahulu mendaftar dengan mengklik opsi “Daftar”.

  • Baca dan Setujui Ketentuan

Beberapa ketentuan mengenai KUR akan ditampilkan setelah proses masuk ke akun telah berhasil. Setelah membaca ketentuan-ketentuan tersebut, silahkan klik “Setuju” untuk menyetujui.

  • Isi Formulir Pengajuan

Proses terakhir dari pendaftaran pinjaman ini adalah mengisi apply form sesuai dengan data yang valid. Formulir yang telah diisi selanjutnya akan dikirim. Proses pengajuan KUR BRI online telah selesai dan Anda hanya perlu menunggu konfirmasi dari pihak bank.

Pendaftaran KUR BRI online dinilai lebih mudah dan cepat, sehingga banyak diminati oleh masyarakat. Namun jika masih membutuhkan informasi lebih, Anda bisa mengajukan pinjaman secara offline. 

Dengan offline, Anda akan dipandu oleh pihak customer service selama proses pendaftaran. Hal tersebut memudahkan Anda untuk mendapat informasi tambahan dari pihak pegawai CS. Proses pengajuan KUR BRI online sebenarnya tidak jauh berbeda. 

Setelah mengisi formulir pendaftaran, pihak bank akan melakukan uji kelayakan dengan mensurvey rumah Anda. Jika disetujui, Anda akan diminta untuk menAndatangani kontrak, dan kemudian dana akan dicairkan ke rekening.

Cara Cek Angsuran KUR BRI Online

Jika proses daftar KUR BRI online sudah selesai dan diterima oleh pihak bank, Anda perlu melakukan pengecekan angsuran. Sebagai debitur, Anda tentunya perlu melaksanakan kewajiban untuk membayar angsuran dari pinjaman yang telah diterima. 

Selama pembayaran, sisa angsuran perlu dicek agar dana untuk angsuran bisa disesuaikan. Selain cara cek angsuran KUR BRI online, pengecekan angsuran juga bisa dilakukan secara offline dan via call center.

  • Cek Angsuran KUR BRI Online

Sisa angsuran bisa dicek secara online dengan mengakses halaman https://ib.bri.co.id. Setelah itu login ke akun pribadi dan pilih menu rekening. Kemudian pilih rincian pinjaman dan pilih nomor rekening pinjaman. Beberapa saat kemudian, jumlah pinjaman yang harus dibayar akan muncul pada tampilan layar smartphone Anda.

  • Cek Angsuran KUR BRI Offline

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengunjungi kantor cabang BRI untuk menanyakan secara langsung total angsuran. Pada proses cek secara offline ini, Anda akan dibantu oleh pihak CS.

  • Cek Angsuran KUR BRI via Call Center

Jika tidak memiliki E-Banking, Anda bisa menggunakan layanan panggilan 24 jam di nomor (021) 14017.

Dengan teknologi yang semakin canggih di tahun 2021 ini, Anda tidak lagi mengalami kesulitan untuk mendapatkan pinjaman. Ajukan KUR BRI online sebagai solusi untuk modal usaha Anda. jangan jadikan minimnya modal sebagai penghalang bagi Anda membangun usaha untuk mewujudkan impian dan mengembangkan perekonomian.