Syarat dan Fitur Utama KUR BNI untuk Anda yang Butuh Modal 

Salah satu opsi untuk menambah modal berusaha adalah dengan mengajukan pinjaman KUR BNI. KUR secara umum merupakan pendanaan yang diberikan khusus untuk pelaku UMKM. Bisa itu pebisnis dengan usaha yang masih mikro skalanya, sudah di tingkat kecil, dan menengah, atau yang sudah besar sekalipun. Bisa saja, asal Anda sudah mengetahui berapa plafon yang diberikan Bank BNI untuk pinjaman ini.

Apakah kali ini Anda membutuhkan dana KUR BNI untuk memulai usaha atau mengembangkan usaha? Ternyata di tahun 2021 ini, KUR hanyalah pinjaman yang diperuntukan usaha yang sudah berjalan saja di KUR bca online.

Akan ada syarat bagaimana usaha yang harus dijalankan sehingga layak mendapatkan pinjaman KUR. Begitu juga dengan syarat yang diperuntukan debiturnya langsung. Wajib Anda ketahui supaya bisa segera ajukan menggunakan dana yang cair nanti.

Persyaratan Ajukan KUR BNI

Jika kredit usaha rakyat ini untuk usaha, maka Anda harus memastikan usaha yang didaftarkan sudah berjalan setidaknya selama 6 bulan. Juga harus ada akta pendiriannya, seperti SIUP misalnya, bisa lebih dulu dibuatkan sehingga besok bisa langsung ajukan.

NPWP dan jaminan tidak diwajibkan, apalagi jika nominal pinjamannya kecil. Dan apalagi jika pengajuan dilakukan secara online yang mana plafon maksimalnya adalah Rp50 juta, tidak akan membutuhkan NPWP dan agunan.

Anda harus berusia setidaknya 21 tahun dan tidak di blacklist oleh Bank Indonesia. Status kredit (jika sebelumnya pernah pinjam) harus lancar. Perizinan usahanya bisa sebagai milik perorangan juga bisa sebagai badan usaha yang sesuai dengan ketentuan langsung dari Bank BNI. Beberapa dokumen yang dibutuhkan antara lain KTP, KK jika ada, buku tabungan, dan aplikasi pengajuan.

Fitur Pinjaman KUR BNI

Sebelumnya, perlu diketahui dulu bahwa sudah bisa dilakukan pengajuan KUR BNI online karena memang sudah ada fasilitasnya. Jika Anda tertarik untuk dapatkan KUR BNI online ini maka Anda akan membutuhkan akses ke website resmi. Lebih tepatnya ke website BNI e-form, sehingga di sana bisa didapatkan langsung formulir untuk diisi data-datanya.

Memasuki ke bahasan fitur produk, kredit usaha rakyat Bank BNI ini akan memberikan pinjaman dengan nominal paling kecil adalah Rp10 juta. Dan untuk nominal terbesarnya adalah Rp50 juta. Ini berlaku untuk pengajuan secara online, untuk secara offline plafonnya akan lebih besar.

Bisa digunakan untuk modal berusaha, untuk modal investasi, juga bisa untuk modal kerja. Suku bunga efektif yang akan dibebankan debitur adalah sebesar 6%, sehingga cukup murah dan efektif penggunaan pinjaman ini untuk skala usaha.

Kemudian untuk jangka waktu, jika kredit usaha rakyat Bank BNI ini nanti digunakan untuk berinvestasi, jangka waktu maksimalnya adalah 5 tahun. Sedangkan jika digunakan untuk modal kerja, jangka waktu mencapai 3 tahun. Tidak ada yang namanya biaya provisi jika cair, namun akan ada biaya administrasi sebesar Rp150 ribu (maksimal).

Tips Ajukan KUR BNI Supaya Disetujui

Usaha yang didaftarkan sudah pasti jelas karena akan dibuktikan dengan dokumen akta pendirian usaha dan laporan keuangan. Tipsnya adalah untuk memastikan bidang usaha yang dijalankan masuk dalam cakupan usaha yang layak didanai KUR. Bisa itu bergerak di sektor peternakan, pendidikan, makanan, transportasi, dan sektor bisnis lainnya yang bersifat legal.

Memang sudah tersedia BNI KUR online namun di sini Anda akan diberikan untuk mengajukan langsung di bank nya. Boleh menggunakan cara online, namun tetap akan ada effort nya sehingga bukannya effortless. Seperti misalnya harus dipastikan perangkat HP yang digunakan benar-benar kuat memorinya, sistem operasinya mendukung, dan sinyal internet yang lancar.

Lain cerita jika pengajuan langsung di KUR BNI Syariah maupun yang konvensional. Sudah ada petugas yang mengurusnya, dan Anda bisa tanyakan apa saja yang memang dibutuhkan.

Menyiapkan semua dokumen syarat di awal akan membantu, bukan hanya untuk pinjaman usaha saja melainkan untuk semua jenis pinjaman. Dan pastikan juga nominal yang dipilih untuk pendanaan adalah nominal yang sesuai dengan kebutuhan. Sebab nantinya laporan keuangan akan di review dan diketahui berapa sebenarnya modal yang dibutuhkan.