KPR Syariah dari Bank Mandiri, Bank BRI, dan Bank BCA, Mana yang Akan Anda Pilih?

Menggunakan pinjaman KPR Syariah akan menguntungkan jika benar Anda ingin mengaplikasikan ajaran ekonomi syariah. Finansial atau sistem ekonomi yang didapat dari peraturan dalam agama Islam.

Dari yang tadinya hanya ditawarkan pinjaman dengan riba, kini pinjaman bukan lagi sesuatu yang membuat debiturnya melakukan praktek riba. Prinsip syariah dari sebuah produk pinjaman yang ditawarkan bank telah sesuai dengan aturan agama sehingga bebas dari riba.

Memang tak dibebankan bunga, namun akan ada imbal hasil yang harus dibayarkan. Ada cukup banyak bank di Indonesia yang telah menawarkan pinjaman seperti KPR, pinjaman yang digunakan untuk pembelian dan perbaikan properti. Namun juga sudah cukup banyak bank di Indonesia yang menawarkan KPR dengan sistem syariah.

Artikel ini akan membahas produk pinjaman dari tiga bank, yang jenisnya adalah pinjaman KPR dan dijalankan dengan prinsip syariah. Apa saja itu adalah Bank Mandiri, Bank BRI, dan Bank BCA dan cimb niaga KPR.

KPR Syariah: Bank Mandiri

KPR Mandiri Syariah akan menjadi opsi pertama. Sebagai KPR Bank Syariah yang telah mendapatkan banyak penilaian bagus karena para debiturnya puas, Anda juga harus dapatkan pengalaman tersebut.

Untuk bisa mendapatkan pinjaman ini, pastikan usia Anda tidak lebih dari 55 tahun saat pelunasan. Ini berlaku jika status Anda saat mengajukan adalah karyawan, sedangkan jika status Anda adalah wirausaha atau profesional, maka akan menjadi 65 tahun syarat usia ketika pelunasan.

Adapun plafon maksimal yang bisa diberikan Bank Mandiri Syariah untuk KPR ini adalah Rp150 juta. Dan ditawarkan dengan rasio loan to value sebesar 70%. Jadi jika Anda ingin membeli rumah dan berencana untuk menggunakan pendanaan, Anda harus siapkan dulu budget sebesar 30% dari harga rumah itu.

KPR Syariah: Bank BRI

Jika yang membuat Anda tertarik adalah KPR BRI Syariah, maka ketahui produk pinjaman apa saja yang akan dijadikan opsi. Ada dua jenis pinjaman yang ditawarkan bank BRI sebagai pinjaman KPR. Dua pinjaman tersebut adalah KPR Faedah dan KPR Faedah Sejahtera.

KPR faedah dikhususkan untuk KPR guna beli rumah komersial, sedangkan KPR Faedah Sejahtera dibutuhkan untuk pendanaan beli rumah yang sifatnya subsidi.

Produk pinjaman atau kredit rumah syariah yang ditawarkan Bank BRI ini cukup sama dengan yang ditawarkan dalam KPR BTN Syariah. Sebab prosesnya akan mudah dan menjadi salah satu KPR syariah yang cukup eksis.

Jika Anda menggunakan pinjaman KPR ini untuk beli tanah kavling, maka tenor terlamanya sebagai opsi adalah 5 tahun saja. Sedangkan jika digunakan untuk beli properti Anda akan diberi opsi terlama adalah 10 tahun. Memang tidak sampai belasan atau puluhan tahun lamanya, namun akad yang digunakan dari pinjaman syariah sudah cukup untuk memberikan fleksibilitas.

Layanan bank finance yang ditawarkan sampai di persentase 90%. Itu artinya budget yang Anda siapkan di awal tidak akan terlalu besar. Sedangkan untuk margin pembiayaannya adalah sebesar 12.75% dan 13.75% untuk yang sampai pelunasan.

Anda mungkin penasaran dengan bagaimana tabel angsurannya nanti. untuk Anda yang mantap percayakan BRI di tahun 2021 ini, akan mendapatkan margin keuntungan sebesar 11.05% untuk murabahah flat 5 tahun. Sedangkan jika yang dipilih adalah murabahah flat 10 tahun, Anda akan dapatkan keuntungan sampai 11.75%.

KPR Syariah: Bank BCA

KPR BCA Syariah menjadi pembahasan terakhir dalam kesempatan ini. Pengalaman yang didapatkan debiturnya hampir sama memuaskannya dengan pengalaman para debitur KPR BNI Syariah.

Ditawarkan sebagai BCA iB Syariah, Anda bisa pilih produk pinjaman KPR iB Ready Stock juga bisa pilih KPR iB Developer. Sebab bank BCA sendiri telah bekerja sama dengan banyak developer terpercaya sehingga ditawarkan pada Anda yang sedang cari pendanaan beli rumah.

Namun, tentu saja Anda tetap bisa dapatkan pinjaman atau pendanaan beli rumah sesuai dengan keinginan sendiri. Yakni dengan memilih KPR iB Hasanah Ready Stock. Pinjaman yang hampir sama dengan BNI Syariah KPR ini akan memberikan jangka waktu terlama selama 30 tahun.