Miliki Rumah Impian dengan KPR BTN

Rumah adalah kebutuhan utama bagi setiap orang. Namun untuk membeli hunian bukanlah perkara mudah bagi setiap orang, terutama karena harga properti yang kian meningkat dari tahun ke tahun. Karena itu, untuk membantu masyarakat Indonesia mendapatkan rumah impiannya, bank di Indonesia menawarkan program Kredit Pemilikan Rumah atau KPR. Bank Tabungan Negara (BTN) menawarkan KPR BTN kepada nasabahnya. 

BTN memasarkan program KPR mereka dengan tagline #HidupGaCumaTentangHariIni, menyasar kaum muda Indonesia untuk mulai berpikir tentang kredit rumah. Alih-alih mengeluarkan uang untuk berbagai hal lain, lebih baik memikirkan masa depan dengan mulai mengambil kredit rumah. Rumah adalah investasi yang paling aman karena nilainya yang stabil dan cenderung meningkat. BTN KPR menjadi solusi bagi nasabah untuk mendapatkan hunian sekaligus berinvestasi untuk masa depan yang lebih baik. 

Kenali Ragam KPR BTN

Pada dasarnya KPR BTN terbagi menjadi 2 yaitu KPR BTN subsidi dan non subsidi. KPR BTN Subsidi adalah yang pembiayaan pemilikan rumah yang mendapatkan bantuan dari pemerintah. Sebagai tambahan info, BTN adalah bank pertama yang ditunjuk oleh pemerintah untuk membantu masyarakat Indonesia dalam rangka memiliki tempat tinggal. Hingga tahun 2021, BTN telah memiliki pengalaman selama 44 tahun dalam pembiayaan pemilikan rumah. KPR BTN Subsidi dapat digunakan masyarakat untuk mendapatkan bantuan dana murah jangka panjang dalam mencicil angsuran.

Program ini bisa digunakan oleh nasabah BTN di seluruh Indonesia, termasuk untuk membeli perumahan KPR BTN Yogyakarta dan di berbagai kota lainnya. KPR BTN Subsidi terbagi lagi menjadi beberapa tipe yaitu Subsidi Selisih Bunga (SSB), Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM), dan Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT). Lalu jenis KPR yang kedua adalah KPR BTN Non Subsidi, yang tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah. KPR non subsidi dari BTN terbagi menjadi 3 tipe yaitu KPR Gaeesss for Millenials, KPR Patriot, dan KPR Platinum dan simulasi KPR bca

Simulasi KPR BTN

Dengan perkembangan teknologi yang kian pesat, nasabah juga bisa cek KPR BTN online bahkan juga bisa cek sisa angsuran KPR BTN online. Berikut ini adalah simulasi KPR BTN subsidi untuk jenis suku bunga flat dan uang muka 1%, dengan pilihan tenor 20 tahun:

Harga Rumah  Rp 500 juta
Suku Bunga / Tahun 5%
Lama Pinjaman 20 tahun
Suku Bunga Floating 13.5%
Uang Muka Rp 44.775.000
Angsuran / Bulan Rp 4.125.000

 

Sementara untuk jenis non subsidi, KPR BTN simulasi untuk suku bunga flat dengan harga rumah dan pilihan tenor yang sama adalah sebagai berikut:

Harga Rumah  Rp 500 juta
Suku Bunga / Tahun 8.29%
Lama Pinjaman 20 tahun
Suku Bunga Floating 13.5%
Uang Muka Rp 110.956.900
Angsuran / Bulan Rp 4.706.900

 

KPR BTN Syariah

Satu lagi produk KPR dari BTN yang juga merupakan bagian dari KPR non subsidi yaitu yang dikeluarkan oleh BTN Syariah, yaitu KPR BTN Syariah. Program ini dinamakan KPR Hits. Ini ditujukan khusus untuk produk properti ready stock dan khususnya membidik kaum milenial. Metode yang digunakan berdasarkan prinsip syariah, tepatnya akad Musyarakah Mutanaqisah dengan ujroh atau cicilan yang ringan.

Uang mukanya mulai dari 1% dan tenornya fleksibel hingga 30 tahun. Untuk mengajukan KPR Hits dari BTN, beberapa syarat yang harus dipenuhi adalah pemohon berusia minimal 21 tahun, telah memiliki pekerjaan tetap dengan masa kerja minimal 1 tahun, dan properti yang dipilih harus sudah siap, bukan rumah yang belum dibangun. 

Berikut ini adalah simulasi KPR BTN Syariah dengan tenor 20 tahun dan anuitas flat:

Harga Rumah Uang Muka Margin Bank / Tahun Pembiayaan Bank Angsuran / Bulan
Rp 500 juta Rp 112.810.600 8.49% Rp 425 juta Rp 3.685.600

 

Untuk mengecek kalkulator KPR BTN lebih lengkap, bisa mengecek via online di btnproperti.co.id, baik untuk KPR BTN konvensional maupun syariah. Nasabah juga bisa menghubungi layanan pelanggan untuk menanyakan info lengkap KPR BTN di nomor 021-633 6789 atau melalui email di btncontactcenter@btn.co.id.