KPR BNI Tawarkan Masa Kredit Hingga 30 Tahun

Sebagai salah satu bank milik pemerintah yang selalu ingin membantu masalah keuangan masyarakat Indonesia, Bank Nasional Indonesia menawarkan KPR BNI untuk para nasabah yang ingin melakukan pembelian rumah namun belum memiliki uang tunai. Selain bisa digunakan untuk membeli rumah, KPR Bank BNI juga bisa dipergunakan jika nasabah membutuhkan biaya untuk pembangunan atau renovasi rumah. 

Properti yang dipilih di tahun 2021 bisa berupa rumah tinggal, apartemen, kondominium, villa, rumah toko, rumah kantor, dan tanah kavling. Keunggulan dari BNI KPR di antaranya adalah plafon kredit yang tinggi yaitu bisa mencapai maksimal RP 20 miliar, pilihan jangka waktu membayar angsuran yang fleksibel hingga maksimal 30 tahun, nasabah diberi keleluasaan memilih lokasi properti sesuai yang diinginkan, dan pengajuan kredit kepemilikan rumah yang sangat mudah. 

Syarat Pengajuan KPR BNI

Sebelum menghitung simulasi KPR BNI, kenali dulu beberapa syarat KPR BNI yang harus dipenuhi pemohon, yaitu pemohon berstatus sebagai Warga Negara Indonesia yang bertempat tinggal di Indonesia, pemohon berusia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun bila bekerja sebagai karyawan, dan maksimal 65 tahun bila bekerja sebagai wirausaha atau profesional. Pemohon memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap, baik sebagai karyawan perusahaan, profesional, maupun wiraswasta dengan simulasi KPR mandiri.

 Untuk karyawan perusahaan, terdapat syarat detail seperti pemohon harus berstatus sebagai CPNS dan PNS di instansi dan perguruan tinggi negeri non BHMN, sejak ditetapkan menjadi CPNS. Untuk pegawai di perguruan tinggi negeri BHMN dan pegawai BUMN serta BUMD sejak diangkat sebagai pegawai tetap. Sementara bagi pegawai yang bekerja di perusahaan swasta dalam negeri, asing, maupun multinasional yang telah go publik, diharuskan telah bekerja selama minimal 1 tahun. S

ementara untuk perusahaan yang belum go publik, waktu minimal kerjanya adalah 2 tahun. Bagi pemohon yang bekerja sebagai pengusaha, memiliki pengalaman menjalankan usaha selama minimal 2 tahun. Dan yang terakhir, bagi profesional, pengalaman menjalankan profesi atau prakteknya adalah minimal 2 tahun. Syarat berikutnya adalah pemohon mengisi formulir dan melengkapi dokumen yang diminta. 

Adapun dokumen yang harus disiapkan adalah fotokopi KTP, Kartu Keluarga, Surat Nikah atau Surat Cerai (jika ada), pas foto pemohon, pas foto suami/istri (jika sudah menikah), fotokopi slip gaji terakhir, rekening koran selama 6 bulan terakhir, NPWP, fotokopi Akta Pendirian Perusahaan bagi pengusaha, fotokopi izin praktik bagi profesional, fotokopi SHM/SHGB dan IMB. 

Simulasi KPR BNI

KPR BNI yang dinamakan BNI Griya menawarkan suku bunga KPR BNI fix selama 2 tahun pertama yaitu sebesar 4.75%. Kemudian untuk 1 tahun berikutnya bunganya adalah 6.75%. Sementara untuk pilihan suku bunga fixed rate 3 tahun, bunganya adalah 6.75%. Berikut ini adalah kalkulator KPR BNI untuk rumah yang luas bangunannya lebih dari 70 m²:

Harga Rumah Rp 500 juta
Bunga  Fixed 3 tahun 6.75%
Tenor Kredit 10 tahun
Uang Muka Rp 75 juta
Angsuran / Bulan Rp 4.880.025

Selain uang muka, biaya lain yang harus dibayarkan oleh nasabah adalah biaya provisi sebesar 1% dari total kredit, biaya administrasi sebesar Rp 500 ribu, asuransi jiwa, asuransi kebakaran yang ditentukan berdasarkan rekanan asuransi, biaya appraisal dan notaris. Jika nasabah berniat melunasi cicilan lebih cepat, maka akan dikenakan biaya pelunasan dipercepat sebesar 2% dari pokok pinjaman. 

KPR BNI Syariah

Sementara bagi nasabah yang ingin mengajukan kredit rumah dengan menggunakan prinsip syariah, bisa memilih KPR BNI Syariah yang dinamakan Griya iB Hasanah. Produk ini berbasis jual beli syariah yang menggunakan akad murabahah. Selain itu, bisa juga menggunakan akad musyarakah mutanaqisah yang menerapkan kepemilikan bersama selama beberapa waktu yang ditentukan terlebih dahulu. Kemudian nantinya kepemilikan rumah akan berpindah ke satu pihak saja. 

Simulasi KPR BNI Syariah bisa didapatkan di laman resmi BNI Syariah atau melalui tabel pinjaman BNI Syariah yang bisa didapatkan di kantor cabang BNI terdekat. BNI menyediakan varian KPR BNI yang beragam bagi nasabahnya agar bisa lebih menyesuaikan dengan kebutuhan.