Mudahnya Membuka Tabungan di BRI Britama

Bank Rakyat Indonesia menyediakan produk variatif yang ditujukan bagi berbagai kalangan masyarakat agar nasabah bisa memilih produk mana yang paling cocok untuk mereka. Termasuk untuk jenis tabungannya, salah satunya adalah Britama. Britama adalah produk simpanan masyarakat dalam bentuk mata uang Rupiah. 

BRI Britama didukung dengan berbagai kemudahan seperti fasilitas internet banking dan sistem perbankan real time yang bisa dicek oleh nasabah kapan saja. Selain itu, nasabah pemilik rekening bank Britama bisa melakukan transaksi dengan mudah kapan saja dan di mana saja, karena metode online yang menyertainya. Tapi kenapa harus pilih tabungan Britama? Simak keunggulannya di bawah ini di tabungan bri simpedes

Fitur dan Keunggulan Tabungan Britama

Dengan banyaknya pilihan tabungan yang ditawarkan oleh bank di Indonesia, apa kelebihan Britama? Yang pertama adalah jaringan BRI yang sangat luas hingga mencapai seluruh pelosok Indonesia. Sebagai bank milik pemerintah yang paling besar, jaringan BRI di Indonesia tak perlu diragukan lagi. Karena itu, pemegang rekening Britama bisa melakukan transaksi di lebih dari 10 ribu Unit Kerja BRI dan 22 ribu ATM BRI Britama yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Selain di ATM BRI, kartu ATM Britama juga bisa diakses di jaringan ATM Bersama, Link, Prima, Cirus, Maestro, dan MasterCard baik di dalam maupun luar negeri. Keunggulan lainnya adalah tersedianya layanan internet banking dari BRI, baik melalui SMS banking, mobile banking, SMS notifikasi, dan lain sebagainya. Pemegang tabungan Britama BRI juga mendapatkan asuransi kecelakaan diri gratis. Ini terutama bagi nasabah Britama dengan saldo minimum Rp 500 ribu.

Asuransi yang didapat adalah asuransi kecelakaan diri (personal accident) dengan nilai pertanggungan maksimal sebesar 250% dari saldo terakhir, maksimum sebesar Rp 150 juta. Selain itu, pemegang tabungan BRI Britama juga dapat menikmati fasilitas transaksi otomatis yang meliputi Automatic Fund Transfer (AFT) yaitu transfer dana dari tabungan Britama ke rekening lain di BRI pada tanggal tertentu yang diterapkan nasabah. 

Yang kedua adalah Account Sweep atau transfer dana dari tabungan Britama ke rekening lainnya secara otomatis, yang sebelumnya telah diatur oleh nasabah dengan batasan saldo minimal maupun maksimal yang ditetapkan sendiri. Dan fitur yang ketiga adalah Automatic Grab Fund (AGF) yaitu menarik dana tabungan Britama secara otomatis oleh satu rekening tertentu. Contohnya untuk membayar angsuran pinjaman bank, dan lain-lain. 

Syarat Mengajukan Tabungan Britama

Di tahun 2021 ada beberapa syarat yang harus dipenuhi calon nasabah untuk membuat rekening Britama. Nasabah Britama bisa perorangan maupun non perorangan atau berupa badan usaha yang non badan hukum. Syarat untuk nasabah perorangan adalah pemohon berstatus sebagai WNI maupun WNA yang memiliki identitas diri resmi. Untuk WNI wajib untuk memiliki KTP dan NPWP, sementara untuk WNA harus memiliki paspor dan KIMS/KITAP/KITAS. 

Bagi WNI yang tidak memiliki NPWP, bisa mengisi form pernyataan yang disediakan oleh BRI. Sementara untuk nasabah non perorangan yang berbentuk Badan Usaha Perorangan bisa mengajukan pembukaan tabungan Britama dengan membawa surat kuasa pengelolaan rekening, dan identitas pengelola rekening berupa KTP dan NPWP bagi WNI, atau paspor dan KIMS/KITAP/KITAS bagi WNA. 

Setoran Awal Tabungan BRI Britama

Cara mengajukan tabungan BRI Britama bisa dilakukan melalui 2 cara. Yang pertama adalah dengan datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat dari lokasi calon nasabah. Sementara cara yang kedua adalah membuka rekening Britama secara online melalui laman resmi BRI. Untuk saldo minimal BRI Britama pada saat setoran awal tersedia 2 pilihan.

Yang pertama adalah setoran sebesar Rp 250 ribu, di mana nasabah akan mendapat kartu ATM BRI Britama jenis Classic yang berwarna silver. Sementara pilihan setoran yang kedua adalah sebesar Rp 500 ribu, di mana nasabah akan mendapatkan kartu ATM BRI Britama terbaru yang berwarna Gold. Kedua kartu ATM atau debit ini tentu punya perbedaan. Misalnya dari batas maksimal transfer atau tarik tunainya, tentu kartu Gold bagi pemegang tabungan Britama akan lebih tinggi dibandingkan kartu Classic.