Apa Itu Black Card Mandiri dan Keistimewaannya?

Black Card adalah kartu kredit eksklusif yang pertama kali diterbitkan oleh American Express pada tahun 1999. Sejak saat itu, Black Card menjadi kartu eksklusif yang hanya dimiliki oleh kalangan tertentu saja. Sebelumnya kartu kredit yang dianggap premium adalah yang berwarna emas atau kartu kredit Gold. Sejak Black Card Amex diterbitkan, bank lain di dunia mulai menerbitkan kartu kredit dengan warna hitam atau warna gelap seperti coklat dan perunggu tua. Bank Mandiri juga menerbitkan black card Mandiri

Sebenarnya yang disebut sebagai Mandiri black card adalah kartu kredit Mandiri Platinum, warnanya hitam dengan logo VISA di bagian depan kartu. kartu kredit Mandiri Platinum ditujukan pada nasabah Bank Mandiri yang memiliki mobilitas tinggi atau nasabah yang ingin berbelanja dengan praktis dengan bunga pinjaman yang ringan. Sebagai kartu kredit yang premium, tentu pemegang kartu ini akan mendapatkan fitur dan fasilitas premium yang tidak didapat oleh pemegang kartu kredit Mandiri yang levelnya di bawah Platinum. Apa saja keuntungannya kartu black card

Keuntungan Umum Memiliki Black Card Mandiri

Ada banyak sekali keuntungan kartu kredit Mandiri black card. Keuntungan umum memiliki kartu Mandiri Platinum di antaranya adalah dapat digunakan di berbagai merchant di seluruh Indonesia dan dunia yang memiliki logo VISA. Tagihan minimum setiap bulannya adalah 10% atau Rp 50 ribu saja. Limit kredit setiap bulannya sangat tinggi, yaitu Rp 40 juta. Kartu Mandiri Platinum bisa digunakan untuk tarik tunai di ATM yang berlogo VISA atau PLUS di seluruh dunia, jadi tidak akan kesulitan jika butuh uang tunai di mana saja. 

Karena telah bekerja sama dengan VISA, maka kartu ini mendapat fasilitas Verified by VISA, yang membuatnya aman untuk transaksi online di mana saja. Selain itu, ada fasilitas Mandiri Protection untuk melindungi ahli waris dari kewajiban melunasi tagihan apabila pemilik kartu mengalami cacat hingga meninggal dunia. Ada fitur e-billing yaitu mendapatkan lembaran tagihan melalui email, bukan lewat surat. Fitur power bills untuk pembayaran berbagai jenis tagihan bulanan secara rutin dengan jauh lebih praktis. 

Fitur power refill untuk kemudahan top up pulsa dari berbagai operator secara otomatis setiap bulan. Fitur power cash yang merupakan kemudahan mendapat pinjaman dana tunai dengan cicilan bunga ringan hingga 12 kali. Yang terakhir adalah fitur power buy, yaitu pembelian barang dengan cicilan ringan selama 12 bulan. Selain itu, pemilik Mandiri Platinum akan dikenakan bebas biaya keanggotaan untuk tahun pertama. 

Keuntungan Khusus Black Card Mandiri

Bukan itu saja keuntungan yang bisa didapat dari jenis kartu kredit Mandiri Platinum. Masih ada keuntungan khusus, di antaranya adalah mendapatkan layanan VIP di beberapa tempat seperti airport lounge yang terpilih. Pemegang Mandiri Platinum juga bisa mendapat harga khusus dan penawaran program traveling first class untuk perjalanan udara ke berbagai negara dengan maskapai penerbangan ternama. Selain itu, ada asuransi kecelakaan perjalanan yang bebas premi dengan jumlah perlindungan hingga Rp 5 miliar, yang bisa didapat jika membeli tiket pesawat dengan kartu Mandiri Platinum. 

Tak hanya itu, ada juga asuransi ketidaknyamanan perjalanan yang bisa berguna saat terjadi keterlambatan jadwal pesawat, kehilangan bagasi, dan lain sebagainya. Untuk berbelanja di dalam maupun luar negeri pun akan diberikan asuransi perlindungan barang. Selain itu, setiap transaksi sebesar Rp 20 ribu akan mendapat dobel Mandiri fiestapoin yang bisa ditukarkan dengan hadiah menarik. 

Syarat dan Cara Mengajukan Black Card Mandiri

Untuk membuat kartu mandiri Platinum di tahun 2021, beberapa syarat yang harus dipenuhi adalah memiliki penghasilan minimal Rp 10 juta per bulan, bertempat tinggal di wilayah pemasaran Bank Mandiri, tidak termasuk dalam blacklist bank Indonesia, minimal berusia 21 tahun atau telah menikah, untuk kartu tambahan minimal berusia 17 tahun dan maksimal 70 tahun. Cara daftar bisa dilakukan secara online maupun langsung datang ke Bank Mandiri cabang terdekat. 

Anda juga bisa mendapat info black card Mandiri dengan menghubungi call center di nomor 14000.