Cara Mengecek Nama Penerima Bantuan UMKM Melalui Website BRI

Penting untuk mengetahui bagaimana cara mengecek nama penerima bantuan UMKM. Bantuan yang dimaksud sendiri adalah bantuan BPUM, merupakan bantuan yang ditujukan langsung untuk para pelaku UMKM di Indonesia yang memang layak untuk mendapatkannya.

Sempat menjadi berita menggemparkan beberapa waktu yang lalu. Sebab dari yang tadinya seorang pelaku usaha UMKm tak bisa mendapatkan bantuan apa-apa, jadi bisa karena ada kesempatan dan ada kebijakan baru dari pemerintah…

Nominal yang diberikan pun cukup besar, yaitu sebesar Rp1.2 juta. Akan menjadi nominal yang cukup untuk menambah modal dalam menjalan usaha mikro dan kecil, juga bisa digunakan untuk menyambung hidup jika usaha yang dijalankan tidak memberikan untung saat itu.

Memang tidak dibutuhkan cara mendaftar. Namun tidak semua oran yang memiliki usaha UMKM terdaftar dalam daftar penerima bantuan UMKM. Sebab untuk mendapatkan bantuan in, pelaku usaha tidak boleh sedang memiliki pendanaan KUR, dari mana saja. juga akan di review data setiap pelaku UMKM, apakah benar-benar hanya berpenghasilan dari usahanya atau memiliki pekerjaan tetap.

Berikut cara cek nama penerima UMKM di tahun 2021.

Cara Mengecek Nama Penerima Bantuan UMKM

Tahapan dalam cara cek nama penerima bantuan UMKM ini akan melalui Bank BRI. Lebih tepatnya menggunakan platform website yang telah ditawarkan untuk para nasabah maupun masyarakat umum.

  • Membuka Website

Website yang harus Anda akses adalah https://eform.bri.co.id/bpum. Website ini bisa diakses lewat HP, perangkat, atau laptop.

  • Memasukan NIK di KTP

Setelah terbuka halamannya, akan ada boks isian, tempat di mana Anda harus memasukan NIK yang bisa diketahui melalui KTP.

  • Memasukan Verifikasi

Akan muncul kode yang digunakan sebagai verifikasi, Anda hanya perlu mengetik ulang saja.

  • Klik Opsi ‘Process Inquiry’

Selanjutnya adalah untuk mengklik opsi bertuliskan ‘Process Inquiry’.

  • Muncul Keterangan

Terakhir dalam cara cek BLT UMKM Anda akan melihat langsung apakah status Anda adalah seorang penerima atau tidak. Jika benar Anda adalah seorang penerima maka bisa terus simak bahasan ini, karena Anda akan menemukan apa yang dilakukan berikutnya sampai dana bisa benar-benar diterima oleh Anda.

Untuk diketahui juga, bahwasannya cara cek BLT UMKM tak hanya bisa diaplikasikan melalui website resminya saja. anda bisa juga gunakan mobile banking atau internet banking dari Bank BRI. Nama aplikasinya adalah BriMo, jika Anda sudah memilikinya maka hanya perlu klik menu informasi saja.

Kemudian Anda akan diberi pilihan terkait informasi apa yang ingin diketahui. Pilih bantuan BPUM, dan langsung muncul boks isian untuk mengisi NIK Anda. Akan muncul juga opsi ‘Process Inquiry’ dan kode sebagai verifikasinya.

Apa yang Dibutuhkan Selain Cara Mengecek Nama Penerima Bantuan UMKM

Anda memang sudah mengetahui bagaimana cara mengecek nama bantuan UMKM, saatnya juga mengetahui hal lain yang sama pentingnya. Yakni apa yang dilakukan jika ternyata nama Anda termasuk dalam penerima bantuan BLT atau BPUM ini.

Pastinya setelah mengaplikasikan cara mengecek nama penerima UMKM di atas dan ternyata Anda berhak menerima, akan menjadi kabar yang sangat bagus. Pastinya tidak sabar untuk melakukan hal berikutnya supaya dana bisa segera cair dan digunakan. Di bagian inilah Anda akan mengetahui apa yang harus dilakukan.

Anda harus mendatangi kantor cabang Bank BRI dengan membawa KTP, buku tabungan, dan kartu ATM. Bagaimana jika ternyata Anda tidak memiliki buku tabungan di Bank BRI? Tak perlu panik, sebab petugas akan langsung membantu Anda untuk membuka tabungan supaya bantuan bisa dikirim ke rekening itu.

Jika tiga hal yang dibutuhkan itu sudah terpenuhi semuanya, selanjutnya petugas akan menyuruh Anda mengisi surat pernyataan. Dua surat pernyataan yang dimaksud adalah surat pernyataan umum (yang memberikan keterangan bahwa Anda adalah salah satu penerima bantuan) dan surat pernyataan Tanggung Jawab Mutlak atau yang disingkat sebagai SPTJM.

Tak perlu belajar hal lain untuk bisa membuat surat pernyataan ini nanti. Sebab Anda akan diberikan formulir khusus sehingga hanya perlu diisi dan ditandatangani saja.