Berikut Cara Daftar Bantuan BPJS Ketenagakerjaan Online

Cara daftar bantuan BPJS Ketenagakerjaan online tentu sangat perlu diketahui para karyawan, khususnya yang memiliki gaji dibawah Rp5 juta. Pemerintah memberikan bantuan langsung tunai atau BLT bagi para anggota aktif BPJS Ketenagakerjaan yang rutin melakukan pembayaran iuran.

Bantuan dana sebesar Rp600 ribu ini menjadi kelebihan tersendiri yang bisa dinikmati oleh para peserta BPJS Ketenagakerjaan. Bagi para karyawan yang belum mendaftar, akan lebih baik jika mulai untuk mendaftarkan diri sesegera mungkin…

Syarat Cara Daftar Bantuan BPJS Ketenagakerjaan Online

Sebelum mengajukan bantuan, Anda perlu menyiapkan beberapa dokumen persyaratan. Saat mendaftar sebagai tenaga dalam hubungan kerja, Anda perlu membawa 6 jenis document requirement

Pertama siapkan asli dan salinan dari dokumen SIUP, NPWP perusahaan dan akta perdagangan perusahaan. Kemudian siapkan juga salinan dari KTP dan KK milik masing-masing karyawan, serta 1 lembar pas foto karyawan berukuran 2×3.

Tetapi jika Anda mendaftar sebagai tenaga kerja diluar hubungan kerja maka terdapat 4 jenis dokumen yang perlu disiapkan. Dokumen-dokumen tersebut diantaranya salinan KTP dan KK serta 1 lembar pas foto berukuran 2×3 dari masing-masing pekerja. Tidak hanya itu, surat izin usaha dari kelurahan juga turut dibawa sebagai dokumen persyaratan.

Cara Daftar Bantuan BPJS Ketenagakerjaan Online

Proses pendaftaran dilakukan melalui beberapa prosedur online yang bisa dilakukan dengan mengakses website resmi BPJS Ketenagakerjaan. Berikut cara daftar bantuan BPJS Ketenagakerjaan online.

  • Akses Website Resmi BPJS Ketenagakerjaan

Karena dilakukan secara online, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengakses situs resmi BPJS Ketenagakerjaan. Anda bisa mengetik alamat https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/ di kolom search Google.

  • Klik “Daftarkan Saya”

Setelah mengakses situs resmi BPJS, akan ditampilkan menu utama. Silahkan pilih opsi “daftarkan saya” yang tertera di layar smartphone.

  • Pilih Opsi yang Tersedia

Kemudian akan muncul pertanyaan “ingin mendaftar sebagai?” diikuti dengan munculnya 3 pilihan. Dari ketiga pilihan tersebut, Anda bisa memilih opsi “perusahaan”.

  • Masukan Email

Pada tahap ini silahkan masukan alamat email sesuai dengan jenis pendaftaran yang dipilih. Jika telah memilih mendaftar sebagai perusahaan, silahkan masukan alamat email perusahaan yang valid pada kolom yang disediakan. 

  • Tunggu Email Pemberitahuan dari BPJS

Jika email sudah dicantumkan, maka Anda hanya perlu menunggu konfirmasi dari pihak BPJS. Email dari BPJS nantinya akan berisi beberapa instruksi untuk lanjutan proses pendaftaran bantuan BPJS Ketenagakerjaan 2021. Ikuti seluruh instruksi yang tertera dalam email hingga selesai.

  • Bawa Persyaratan ke Kantor BPJS

Setelah mengikuti serangkaian prosedur pendaftaran online, langkah berikut yang harus dilakukan adalah mengantar persyaratan ke kantor BPJS setempat.

Cara Mengecek Bantuan Dana BPJS Ketenagakerjaan

Jika proses pendaftaran telah berhasil, maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah pengecekan bantuan. Berikut cara cek BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021:

  • Akses Link https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id

Pertama-tama, akses link https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id untuk melakukan pengecekan.

  • Pilih Jenis Penerima Upah

Proses pengecekan ini tidak jauh berbeda dengan proses pendaftaran. Setelah memiliki akun, Anda bisa langsung memilih jenis penerima upah.

  • Masukan Email sesuai Jenis Penerima Upah

Kemudian masukan alamat email yang sesuai dengan jenis penerima upah yang dipilih.

Prosedur Daftar BPJS Kesehatan Online

Selain mendapatkan bantuan BPJS Ketenagakerjaan, Anda juga bisa mengajukan bantuan BPJS lainnya, yakni bantuan sosial tunai BPJS Kesehatan. Pertama tama kunjungi laman web BPJS di https://daftar.bpjskesehatan.go.id, atau lakukan pendaftaran melalui aplikasi BPJS Kesehatan. Kemudian isi data diri secara lengkap sesuai dengan arahan yang diberikan.

Selanjutnya Anda bisa memilih kelas serta fasilitas kesehatan yang diinginkan. pada tahap berikut, Anda hanya perlu menunggu balasan registrasi via email dan melakukan pembayaran iuran, serta pengambilan kartu BPJS Kesehatan.

Cara Mengecek Bantuan BPJS Kesehatan

Apabila sebelumnya telah menjadi pengguna BPJS Kesehatan, maka Anda berkesempatan untuk mendapat bantuan BPJS Kesehatan 2021 sebesar Rp600 ribu. untuk bisa mengetahui apakah Anda termasuk sebagai penerima bantuan atau tidak, maka Anda perlu melakukan pengecekan yang bisa dilakukan secara online maupun manual.

Terdapat 4 cara cek bantuan BPJS Kesehatan 2021 yaitu pengecekan melalui aplikasi BPJSTK Mobile, website, SMS dan kunjungan langsung.

  • Aplikasi BPJSTK Mobile

Cara cek bantuan BPJS Kesehatan yang pertama bisa dilakukan melalui aplikasi BPJSTK Mobile yang bisa Anda download di Android, iOS, dan BlackBerry. Untuk menggunakan aplikasi ini, pertama-tama Anda perlu melakukan pendaftaran sesuai dengan prosedur yang telah diterapkan.

  • Melalui Website SSO

Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan langsung login ke situs resmi BPJS Ketenagakerjaan di https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id

  • Melalui SMS

Cara cek BLT BPJS Kesehatan 2021 yang tidak kalah mudah untuk dilakukan adalah dengan melalui SMS. Anda bisa mengirimkan SMS dengan format DAFTAR(spasi)SALDO#Nomor Peserta. Pesan tersebut nantinya akan dikirimkan ke nomor 2757.

  • Datang ke Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan

Cara cek BLT BPJS Kesehatan 2021 yang satu ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang masih membutuhkan banyak informasi seputar program BPJS.

Dengan adanya Bantuan BPJS Kesehatan 2021, pemerintah berharap agar pertumbuhan ekonomi masyarakat bisa semakin terdorong. Selain itu, pengadaan bantuan ini juga bertujuan untuk menjaga kestabilan konsumsi masyarakat. Jangan lewatkan kesempatan emas ini, dan daftar BPJS Ketenagakerjaan sekarang.