Bisnis yang Menguntungkan

Siapa yang tidak mau memiliki penghasilan tambahan? Ada banyak juga orang yang ingin terjun ke dunia bisnis untuk dijadikan pekerjaan utama mereka. Namun nyatanya berbisnis tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Tidak semua orang bisa langsung sukses dalam berbisnis…

Ada orang yang memang punya bakat berbisnis yang baik dan bisa sukses dengan jenis bisnis apa pun yang dibukanya. Tapi ini bukan berarti bisnis tidak bisa dipelajari. Jika tekun, mau mencoba, dan pantang menyerah, suatu saat pasti akan ada hasilnya. Tapi apa saja jenis bisnis yang menguntungkan? Di tahun 2021, ada banyak sekali jenis usaha yang bisa dicoba. Mari cek beberapa di antaranya. 

Bisnis yang Menguntungkan Tergantung Lokasinya

Salah satu strategi membuka usaha adalah memilih lokasi yang tepat. Misalnya membuka kedai makanan di daerah yang sangat sepi dan jarang penduduk tentu akan sulit untuk mendapat penghasilan, apalagi keuntungan. Pilih lokasi yang strategis jika ingin bisnis ramai. Atau sebaliknya, sesuaikan jenis usaha dengan lokasi. Misalnya ingin membuka usaha yang menguntungkan di desa. Sesuaikan dengan minat dan kebiasaan penduduk di sekitarnya. 

Jika membuka usaha yang terlalu modern dan tidak sesuai dengan kebiasaan mereka, bisa saja bisnis tersebut hanya ramai di awal. Usaha yang langka tapi menguntungkan memang ada dan bisa mendatangkan pemasukan dalam jumlah besar. Tapi untuk bisa melakukannya, pengusaha terlebih dahulu harus melakukan riset pasar. Harga yang ditetapkan juga harus sesuai dengan kemampuan masyarakat yang ada di sana. Sama halnya dengan membuka usaha di perkotaan, tetap harus disesuaikan dengan lokasi. 

Bisnis yang Menguntungkan dari Rumah

Membuka bisnis tidak berarti harus punya tempat usaha dengan menyewa atau membeli tempat khusus berupa kantor, toko, dan lain-lain. Beberapa jenis usaha bisa dilakukan dari rumah. Beberapa contoh usaha kecil kecilan di rumah yang menguntungkan adalah usaha makanan. Jika memiliki lokasi tempat tinggal yang strategis, kita bisa berjualan secara langsung dengan membuka semacam kedai atau warung kecil di rumah. Tapi sekarang berjualan makanan juga bisa dilakukan secara online, yaitu dengan bekerja sama dengan aplikasi transportasi online. Jualan makanan bisa berupa makanan siap jual atau pesanan seperti catering. 

Jenis makanannya pun sangat beragam, mulai dari makanan ringan, minuman, hingga makanan berat. Jenis usaha yang menguntungkan lainnya yang bisa dilakukan dari rumah adalah laundry kiloan. Usaha ini terutama sangat dibutuhkan di daerah perkotaan, di mana di dalam rumah tangga kedua orang tuanya bekerja dari pagi hingga malam, sehingga tidak ada waktu untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Laundry kiloan juga biasanya laris di daerah yang banyak terdapat tempat kos, namun harga yang ditawarkan harus terjangkau bagi anak kos. 

Jenis usaha lain yang bisa dilakukan dari rumah adalah dengan menyewakan ruang yang tidak ditempati di dalam rumah. Kalau memiliki rumah dengan banyak kamar dan tidak digunakan, kita bisa menyewakannya sebagai tempat tinggal ataupun tempat usaha. Dengan begitu, kita bisa mendapatkan pendapatan pasif. 

Bisnis yang Menguntungkan Via Online

Saat ini, banyak pengusaha yang melakukan bisnis secara online. Usaha online yang menguntungkan ada banyak jenisnya. Salah satunya adalah berjualan makanan via online. Makanan bisa dipasarkan di marketplace maupun aplikasi transportasi online. Selain itu, bisa juga berjualan jenis barang lainnya di marketplace. Kita bisa punya stok barang sendiri, terutama kalau punya ruangan kosong di rumah. Tapi kita juga bisa menjadi reseller, yang tugasnya adalah sebagai perantara antara penjual dengan pembeli. 

Saat menjadi reseller, kita harus siap berkomunikasi via online kapan saja dibutuhkan oleh pembeli. Pastikan selalu berkomunikasi dengan baik dengan pembeli maupun penjual. Menjalin kepercayaan dengan komunikasi yang baik adalah kunci utama. Bisa dikatakan, menjadi reseller adalah usaha rumahan modal kecil untung besar yang dilakukan secara online. Hanya butuh smartphone dan koneksi internet yang lancar untuk melakukannya. Bisnis yang menguntungkan via online juga bisa dilakukan dengan kemampuan seperti mengedit video, menulis, mendesain, dan lain sebagainya.