Bisnis Properti untuk Investasi Masa Depan

Saat ini banyak yang tertarik untuk terjun ke dunia bisnis. Ada yang melakukannya sebagai sampingan pekerjaan, tapi ada juga yang justru berbisnis untuk pekerjaan pertama mereka. Jenis bisnisnya pun sangat beragam. Salah satu yang dianggap sangat menguntungkan adalah bisnis properti. Harga properti yang cenderung stabil bahkan meningkat adalah alasannya…

Bisnis ini memang butuh modal yang tidak sedikit, tapi merupakan cara aman terutama untuk berinvestasi di masa depan. Semua orang membutuhkan rumah sebagai tempat tinggal. Karena itu investasi properti diperkirakan akan terus menguntungkan kapan pun waktunya. Bentuknya bisa beragam, misalnya investasi rumah yang kemudian bisa dijual kembali atau dikontrakkan, investasi apartemen, atau membuka kontrakan dan tempat kos. Selain itu, jual beli tanah, rumah kantor, dan rumah toko juga termasuk ke dalam bisnis properti. Tertarik untuk terjun ke usaha properti? Simak dulu beberapa keunggulannya berikut ini. 

Keunggulan Bisnis Properti

Menjalankan bisnis properti memiliki banyak keuntungan, termasuk di tahun 2021. Yang pertama, properti bisa dijadikan aset. Selain membeli properti untuk dijadikan rumah tinggal, kita juga bisa membeli properti untuk disewakan kembali. Entah itu berupa rumah, kantor, atau tempat usaha. Dengan begitu, kita bisa mendapatkan pemasukan pasif setiap bulan atau setiap tahunnya dari biaya sewa. Pengusaha yang sukses biasanya memperbanyak properti mereka sebagai aset. 

Keuntungan yang kedua adalah risikonya yang rendah karena nilai properti cenderung stabil bahkan naik setiap tahunnya. Keuntungan yang ketiga adalah prospeknya yang cerah. Keluarga baru terus bertambah, karena itu tempat tinggal akan selalu dibutuhkan. Bukan berarti bisnis ini tidak memiliki masa menurun sama sekali, terkadang ada juga masa naik dan turun. Tapi secara keseluruhan properti akan selalu dibutuhkan. Keuntungannya juga relatif besar karena sifat properti yang merupakan kebutuhan primer yang pasti ada pembelinya. 

Karena tu, meski harus mengeluarkan modal besar, banyak pengusaha yang tak ragu mengeluarkan dana untuk berbisnis di bidang ini. Keuntungan berikutnya adalah pengelolaannya yang tidak begitu rumit. Secara fisik, properti memang akan mengalami penurunan, karena itu perlu diperhatikan dan dirawat secara rutin. Selain itu, setiap tahun pemilik properti harus membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). 

Tips Bisnis Properti Bagi Pemula

Banyak orang yang ingin sukses melakukan bisnis di bidang properti karena keuntungan besar yang menanti. Tapi tak sedikit yang akhirnya mengurungkan niatnya karena terbentur masalah modal. Bagi pemula, ada beberapa cara memulai bisnis properti. Yang pertama adalah memulai dari properti yang sudah dimiliki. Tentu sangat menyenangkan kalau kita bisa membangun tempat kos atau kontrakan sendiri, apalagi kalau bisa membeli rumah atau unit apartemen, lalu disewakan. Tapi jika belum bisa melakukan investasi sebesar itu, mulailah dari apa yang dimiliki. 

Misalnya di rumah membuka sewa kamar untuk kos, menyewakan garasi untuk tempat usaha, dan lain-lain. Dari hal kecil, bisa jadi di kemudian hari jadi besar. Cara berikutnya adalah membantu orang lain menyewakan atau menjual properti mereka. Pekerjaan ini dinamakan sebagai makelar. Banyak orang yang sukses menjadi makelar properti pribadi. Caranya adalah dengan memperkuat cara berkomunikasi yang baik dan memperbanyak kenalan. Cara yang ketiga adalah mengikuti investasi properti yang dilakukan secara kolektif. 

Saat ini sudah ada platform yang dapat mempertemukan pemilik properti dengan para investor. Keuntungan bisa didapat dan penyewaan dan penjualan properti. Yang pasti, kita harus selalu mengerti tren properti, apa yang sedang diminati saat ini. Mempelajari hukum yang berkaitan dengan properti dan tanah juga sangat penting. Karena bisnis ini bukan perkara mudah. Meski sudah tahu cara bisnis properti, pastikan kita mengerti betul sebelum benar-benar terjun ke dalamnya. 

Daftar Agen Bisnis Properti Terbaik

Di Indonesia sudah ada banyak agen properti yang sukses. Ada beberapa yang dianggap terbaik, berikut ini adalah 3 daftar agen properti terbaik di Indonesia. Ada Ray White, Century 21 Indonesia, dan Era Indonesia. Kita bisa juga terjun ke bisnis properti dengan bergabung di dalamnya.