Mengenal American Express Black Card dan Keistimewaannya

Pada umumnya, kartu kredit yang paling sering digunakan saat ini ada 3 jenis yaitu Silver, Gold, dan Platinum. Ketiganya menawarkan limit kredit yang berbeda-beda. Silver memiliki limit paling rendah, sementara Platinum memiliki limit kredit paling tinggi. Namun di atas ketiga jenis kartu kredit tersebut, masih ada jenis kartu kredit lainnya yang lebih eksklusif, yaitu black card. Jenis kartu berwarna hitam ini yang pertama adalah American Express Black Card yang sering kali disebut sebagai Amex card. Amex adalah singkatan dari American Express. Amex black card biasanya dimiliki oleh kalangan atas seperti pengusaha, miliarder, hingga selebriti. Apa yang membuat kartu kredit ini spesial? 

Mengenal American Express Black Card

Sebelum Amex menerbitkan kartu American Express, kartu kredit berwarna Gold dianggap sebagai yang paling mewah. Kemudian setelah kartu berwarna hitam ini muncul, berbagai bank pun mulai menerbitkan kartu kredit yang limit kreditnya di atas Gold, dan tentunya dengan warna yang gelap. Kartu Amex sendiri pertama kali diterbitkan pada tahun 1999. Nama resminya bukan black card, tetapi Centurion Card. Namun karena warnanya yang hitam, maka kebanyakan orang lebih mudah mengidentifikasikannya dengan nama black card. 

Sejak pertama kali diterbitkan hingga tahun 2021, black card dari American Express tetap menjadi kartu pembayaran dengan metode kredit yang paling eksklusif. Kartu American Express hitam dianggap eksklusif karena tidak sembarang orang bisa memilikinya. Pemegang kartu ini adalah kalangan elit dengan tingkat penghasilan yang sangat tinggi. Bahkan di antara sesama pengusaha dan selebriti pun tidak semuanya bisa memiliki kartu hitam ini. Sehingga bila sampai diketahui ada yang memiliki American Express black card maka akan dianggap sangat eksklusif dengan bni black card

Syarat dan Cara Mendapatkan American Express Black Card

Satu hal lagi yang membuat kartu kredit American Express semakin spesial adalah cara mendapatkannya yang unik. Untuk jenis kartu kredit yang lain, nasabah bisa langsung mengajukan pada pihak bank yang dipilih. Sementara untuk kartu kredit Amex caranya tidak semudah itu. Apa saja syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan kemudahan bertransaksi menggunakan black card? Hingga kini tidak diketahui dengan pasti apa saja syarat untuk memiliki American Express black card

Karena konon untuk bisa memilikinya kita tidak bisa mendaftar seperti kartu kredit lainnya. Melainkan, kita harus mendapatkan penawaran dari American Express. Pihak Amex yang akan menghubungi calon nasabah terlebih dahulu. Calon nasabah ini dihubungi Amex karena dianggap telah memenuhi kualifikasi yang ditetapkan oleh pihak American Express. Meski begitu, ada juga beberapa sumber yang mengatakan bahwa meski tidak mendapat tawaran dari Amex, kita tetap bisa mengajukan kepemilikan kartu hitam Amex, asalkan telah memenuhi beberapa syarat. 

Disebutkan beberapa syarat untuk mengajukan black card dari American Express adalah pemohon sudah menggunakan kartu American Express jenis lainnya selama minimal 1 tahun. Pengeluaran tahunan menggunakan kartu kredit American Express tersebut minimal US$250,000, namun ada yang mengatakan di tahun 2021 pengeluaran minimalnya adalah US$450,000. Karena ketiga persyaratan tersebut tidak dikeluarkan secara resmi oleh pihak American Express, maka kebenarannya belum bisa dipastikan. Bisa saja ada calon nasabah yang telah memenuhi ketiga syarat tersebut tapi tetap belum bisa mendapatkan black card dari American Express. 

Keistimewaan American Express Black Card

Sebenarnya apa fasilitas istimewa yang bisa didapatkan oleh pemegang black card American Express? Kartu kredit ini dikabarkan tidak memiliki limit kredit. Jadi pemegangnya bisa melakukan berbagai transaksi pembelian produk dan jasa dengan jauh lebih leluasa. Tak heran jika Amex hanya menerbitkan kartu ini secara eksklusif karena level kepercayaan kredit tanpa limit harus diberikan kepada nasabah yang benar-benar potensial. 

Pemegang black card Amex bisa mendapatkan akses VIP di berbagai bandar udara, hotel bintang 5, restoran, dan berbagai tempat publik lainnya di berbagai negara. Beberapa bandar udara juga menyediakan Centurion Lounge khusus yang bisa dinikmati oleh pemegang American Express black card dengan cuma-cuma.