Ulasan Lengkap Mengenai Fintech P2P Lending Amartha

Amartha sebagai fintech P2P lending yang telah berdiri sejak tahun 2010 silam di Indonesia memiliki izin operasional dari OJK sebagai jaminan atas legalitasnya. Amartha Mikro Fintek, perusahaan yang menaungi pinjaman online tersebut menggunakan akad syariah serta konvensional dalam kegiatan usahanya. Yang mana sejak tahun 2020, fintech satu ini telah masuk dalam kategori syariah. Akan tetapi, tidak menutup perihal akad konvensional yang tetap berlaku di dalamnya. 

Informasi Seputar Pinjaman di Amartha 2021

Amarta adalah platform pinjaman online dengan menyediakan sarana untuk mempertemukan antara pemodal atau pendana dengan peminjam. Sudah berdiri sejak bertahun-tahun lalu, PT Amartha telah mengantongi izin OJK dalam kegiatan pinjam meminjam yang dilaksanakannya. Representasi legalitasnya tercermin dalam izin OJK Nomor KEP-46/D.05/2019 tanggal 13 Mei 2019. 

Berdasarkan legalitasnya yang jelas sedemikian rupa, maka pertanyaan perihal apakah platform pinjol ini menipu, jawabannya adalah tidak. Jenis pinjaman yang disalurkan bersifat produktif guna mendanai UMKM sebagai modal kerja. Merujuk pada hal tersebut, kini Anda tidak perlu pusing lagi memikirkan modal untuk pengembangan usaha. Sebab, telah hadir platform pinjaman online satu ini. 

Plafon yang tersedia bermacam-macam. Ada yang Rp2 juta, Rp3 juta, Rp5 juta, maupun lebih. Untuk tenor pelunasan, rata-rata selama 50 minggu. Akan tetapi, saat ini telah hadir pula tenor pengembalian pinjaman selama 25 minggu. Oleh karena itu, modal besar maupun kecil yang Anda butuhkan dapat tercukupi melalui kredit online ini. Termasuk juga perihal tenornya, baik itu jangka pendek maupun panjang semua tersedia di danamas insan kreasi andalan

Yang tidak kalah menariknya, para peminjam di pinjaman online bisa mencicil pinjaman setiap minggu. Selain itu, para debitur pun berkesempatan untuk memperoleh pendampingan usaha serta pelatihan kewirausahaan secara rutin. Mengenai bagaimana cara mengajukan pinjaman di sini, akan dijelaskan pada bagian berikutnya. 

Cara Daftar Pinjaman di Amartha

Cara daftar Amartha secara umum tidak sulit. Hanya memerlukan beberapa tahapan saja, proses registrasi dapat diselesaikan. Karena kemudahannya sedemikian rupa ini yang juga kemudian mendorong publik untuk kian gemar menggunakan layanan kredit online yang tersedia. Untuk mendaftar, dapat melalui web browser chrome. Selengkapnya mengenai bagaimana tutorial prosedur lengkap registrasinya, terdapat pada bagian di bawah ini. 

  • Buka Link

Langkah pertama yang harus ditempuh untuk mendaftarkan akun pada pinjaman online PT Amartha melalui website, yakni dengan membuka link registrasi. Link yang dimaksudkan adalah https://dashboard.amartha.com/invite/ST008443. Setelah itu, Anda akan dihadapkan pada halaman pendaftaran. Akan muncul beberapa kolom yang harus diisi menggunakan data valid yang sebenarnya, pengisian menggunakan data palsu berpeluang menjadikan pengajuan kredit ditolak. 

  • Isi Seluruh Data yang Diminta

Proses pendaftaran akun Amartha syariah berikutnya, yaitu dengan mengisikan seluruh data-data yang diminta. Data-data tersebut, meliputi alamat email, password, serta nomor telepon. Dalam hal ini, perlu diperhatikan bahwa yang digunakan harus email aktif. Sebab, nantinya email itu akan menjadi akun Anda dalam platform ini. 

Setelah itu, klik kolom daftar. Akan muncul tampilan untuk Anda mengisikan kode OTP. Kode OTP akan dikirim melalui SMS pada nomor telepon yang sudah diisikan sebelumnya. Apabila sudah, pilih kolom submit. Jangan lupa untuk menekan kolom Complete My Data setelah tersubmit. 

  • Pilih Opsi Mulai

Amartha adalah pinjol resmi OJK yang telah berizin. Guna melengkapi pendaftaran, Anda diharuskan untuk melengkapi semua data pendaftaran. Sebelumnya, klik kolom mulai terlebih dahulu. 

  • Inputkan Data KTP

PT Amartha Mikro Fintek sebagai perusahaan yang menaungi platform Amartha mengharuskan calon debitur untuk menginputkan data KTP. Dalam hal ini, KTP berperan sebagai identitas diri resmi calo peminjam. 

  • Unggah Foto Selfie serta Isi Data Informasi Bank

Berikutnya, upload foto selfie Anda. Lanjutkan dengan mengisikan detail informasi bank yang valid. Sebaiknya, periksa kembali data sebelum disubmit. Dengan tujuan, untuk menghindari terjadinya kekeliruan. 

  • Masukkan Email dan Password Terdaftar, Kemudian Login

Terakhir, langsung saja login menggunakan akun terdaftar di Pinjaman Amartha. Pastikan kombinasi email dan password yang Anda inputkan correct.